Artificial Intelligence Center Indonesia

Keseruan Siswa-Siswi Tunas Muda Jakarta Membuat Robot Bersama AiCI

Keseruan Siswa-Siswi Tunas Muda Jakarta Membuat Robot Bersama AiCI

AI Workshop adalah kegiatan pelatihan artificial Intelligence dalam waktu singkat dan mendapatkan hasil yang maksimal karena berbasis proyek dari para peserta. Dengan adanya kegiatan ini peserta mampu menerapkan apa itu artificial intelligence mulai dari aspek yang paling sederhana yaitu dari kehidupan sehari-hari.

Kegiatan AI Workshop kali ini hadir di SD Tunas Muda Meruya dan Kedoya pada 12 Oktober 2022, diikuti oleh siswa-siswi kelas 5. Kegiatan ini adalah bagian dari pembelajaran di sekolah tentang materi pengenalan teknologi.

Kegiatan dimulai jam 09.00 dan jam 11.00, dibuka dengan pemberian materi tentang artificial intelligence (AI) sebagai bekal untuk mengerjakan proyek mereka masing-masing dan menyiapkan alat serta aplikasi yang akan digunakan untuk merakit robot. Pemahaman terhadap AI bagi siswa penting sekali agar mampu memahami apa yang mereka kerjakan nantinya.

Materi yang disampaikan oleh Tutor AiCI dari Universitas Indonesia disusun secara sistematis dan tertata sehingga siswa dapat dengan mudah memahami konsep yang rumit sekalipun. Hal tersebut tentu akan membentuk pola pikir siswa agar lebih tertata dan logis dalam menyelesaikan masalah.

Peserta dari Tunas Muda Meruya dan Kedoya masing-masing sekitar 60 siswa yang terbagi dalam tiga kelas dan masing-masing kelas ditemani oleh dua Tutor. Dalam kelas, siswa akan dibagi dalam 6 kelompok untuk merakit robot bersama-sama. Kegiatan ini akan menumbuhkan soft skill seperti TeamworkCommunicationThinking Rationally, Kecepatan Analisis dan Problem Solving.

Masing-masing kelompok dengan cepat dan tanggap dapat merakit robot Snail dan mencoba untuk menggerakkannya lewat coding sederhana. Awalnya mereka kesulitan, namun semangatnya untuk terus menggali informasi dan akhirnya mereka berhasil menggerakan robot yang mereka buat sendiri. Kelas terasa lebih riuh karena kegembiraan yang mereka ekspresikan.

Di Akhir acara, robot yang mereka buat agar bisa berjalan di bariskan dan siap untuk dilombakan. Dari 6 robot siput yang ikut perlombaan, ada robot yang ternyata berjalan tak sesuai harapan dan ada juga yang bergerak susuai rencana.

Ternyata walaupun dengan waktu yang terbatas, siswa mampu mengerahkan fokusnya dengan baik sehingga proyek yang dihasilkan semuanya sesuai dengan apa yang telah dijelaskan.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama para peserta AI workshop Tunas Muda dan tim AiCI.

AI Workshop sudah bisa di adakan di sekolah – sekolah loh AI Enthusiast!. Sekolah kalian mau didatangi AiCI juga? Hubungi (+62) 821 1010 3938 atau bisa melalui instagram kami @aici.official untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top