Artificial Intelligence Center Indonesia

Belajar Buat Robot Gratis, Ai Edu Fair di Aici Banyak Peminat

Belajar Buat Robot Gratis, Ai Edu Fair di Aici Banyak Peminat

Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) yang ada dalam naungan FMIPA UI mengundang siswa-siswi SD, SMP dan SMA untuk mengikuti acara AI Education Fair di Universitas Indonesia.

AI Education Fair adalah sebuah acara yang bertujuan untuk mengenalkan Artificial Intelligence (AI) dan robotik kepada siswa – siswi Sekolah Dasar (SD), SMP, dan SMA. AI sudah banyak digunakan dan dibutuhkan untuk menunjang segala aktivitas manusia, maka dari itu AiCI mengajak siswa siswi untuk paham AI sejak usia dini. Peserta tidak dibebani biaya apapun untuk mengikuti AI Edu Fair kali ini, karena semuanya telah disiapkan oleh AiCI.

Semula acara hanya akan digelar pada 1 Oktober 2022 namun karena antusias siswa-siswi yang sangat tinggi dan mempertimbangkan keamanan serta kenyamanan bersama, akhirnya AI Edu Fair dilaksanakan 4 hari yaitu pada 1, 2, 15, dan 16 Oktober 2022 dengan peserta lebih dari 300 orang.

Acara yang berlangsung di lt 4 Gedung Multidisiplin FMIPA UI ini membuat siswa-siswi betah dalam belajar AI. Seperti yang dikatakan Ghozali, salah satu orang tua yang mengantar anaknya mengikuti AI Edu Fair (1/10/22).

“Acaranya bagus, suasananya enak, tempatnya nyaman, peralatannya juga sepertinya banyak (lengkap). Jadi anak-anak rasanya akan betah.” Katanya.

Ghozali mendukung anaknya untuk ikut AI Edu Fair karena sadar bahwa kedepan bidang IT masih sangat dominan dan penting untuk mengenalkan sejak dini kepada anak-anaknya.

“Karena alasan basic untuk programming saya kira untuk anak-anak perlu ya. Karena kedepannya IT masih dominan, dia akan leading di semua unit pekerjaan. Jadi saya pikir belajar lebih awal dalam hal programming akan membekali anak-anak saya ke depan untuk mendapatkan suatu cita-cita yang lebih bagus.” Ucap Ghozali.

Serupa dengan Ghozali, salah satu orang tua peserta AI Edu Fair yaitu Wahyudi Alif mengatakan bahwa acara akan meningkatkan wawasan di bidang AI dan bersiap menghadapi dunia yang lebih modern lagi.

“Dengan acara seperti ini akan meningkatkan dan menambah wawasan terutama dalam bidang IoT (Internet of Things) dan AI, karena untuk masa depan kita akan masuk ke dunia yang lebih modern yaitu dunia yang bersinggungan atau berhubungan dengan robot, dan ini sudah kami rasakan di dunia industri bahwa perkembangan teknologi robot saat ini sangat membantu kami dalam dalam dunia industri manufacturing terutama dunia otomotif.” Kata Wahyudi Alif.

Tutor mendampingi siswa saat merakit robot.

Siswa-siswi dibagi menyesuaikan dengan kelasnya masing-masing mendapatkan materi tentang robotik dan AI dari Tutor AiCI yang berasal dari Universitas Indonesia.

Seorang siswi SMP The Indonesia Natural School, Cyra Akasha Bumi mengaku bahwa ia penasaran bagaimana cara membuat robot akhirnya mengikuti AI Edu Fair.

“Karena saya ingin mengetahui gimana cara membuat robot. Tadi saya membuat robot kipas dan bisa bergerak. Saya senang ikut acara ini.” Kata Cyra Akasha Bumi.

Sama dengan Cyra Akasha Bumi, Muhammad Azam dari MI Technonatura juga senang ikut acara AI Edu Fair di AiCI kali ini.

“Tadi membuat robot untuk menendang bola. Senang (ikut acara ini). Bertemu dan punya banyak teman baru.” Ucapnya.

Peserta tingkat SMA mendapatkan pelajaran robotik dan coding pada sesi AI Edu Fair kali ini, Tutor menemani dan memberikan penjelasan dengan santai dan menyenangkan.

“Hari ini saya belajar untuk menggerakan robot dengan uCode. Seru pembelajarannya, tapi agak susah menurutku soalnya masih asing dengan ilmunya jadi baru belajar. Tapi tadi sudah lumayan mengerti. Tutornya baik, orangnya asik dan tadi ngejelasinnya mudah dipahami” Kata Arane Langit Manikmaya salah satu peserta dari SMA Kolese Gonzaga.

AiCI membuka kelas belajar AI setiap hari sabtu bernama Fun Learning with AI. Kegiatan belajar artificial intelligence dengan menyenangkan ditemani Tutor tersertifikasi dari Universitas Indonesia. Modul dan media yang lengkap siap menemani siswa – siswi dalam belajar di AiCI.

Ayo daftar Fun Learning with AI sekarang juga. Informasi lebih lanjut hubungi (+62) 821 1010 3938 atau melalui instagram @aici.official

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top