Artificial Intelligence Center Indonesia

Kolaborasi AiCI dan Epson, Komitmen nyata membangun dunia pendidikan dengan teknologi

Kolaborasi AiCI dan Epson, Komitmen nyata membangun dunia pendidikan dengan teknologi

Kunjungan yang dilakukan Epson Indonesia ke kantor AiCI pada Tahun 2021 yang lalu untuk membahas sebuah kerja sama dibidang teknologi pendidikan. Kerja sama pun terus berlanjut sampai akhirnya pada Senin 27 Juni 2022, Epson Indonesia bersama AiCI mengadakan seminar untuk guru-guru di bidang teknologi pendidikan mulai jam 9 pagi sampai 12 siang. Kegiatan ini juga sebagai bagian dari kunjungan balasan AiCI ke kantor Epson Indonesia.

Kegiatan seminar diisi dengan pemaparan program-program yang AiCI kembangkan untuk diberikan kepada siswa-siswi di sekolah maupun untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki guru. AiCI juga mengenalkan dunia Artificial Intelligence (AI) yang cocok untuk diterapkan di dunia pendidikan saat ini.

AiCI juga memberikan demonstrasi robot yang memiliki banyak keunggulan karena disertai dengan fitur-fitur yang sangat mempermudah siapa pun untuk belajar AI. AiCI sangat terbuka untuk bekerja sama dengan sekolah-sekolah dalam berbagai bentuk, seperti kegiatan Extrakulikuler Ai atau pelatihan AI untuk guru-guru.

kegiatan selanjutnya adalah pemaparan teknologi dan produk dari Epson Indonesia yang bisa menjadi solusi untuk dunia pendidikan saat ini. kegiatan ini berlangsung di Epson Solution Center yang ada di LOT 304 Cibis Business Park, Cilandak, Jakarta Selatan. Peserta seminar diajak berkeliling untuk melihat secara langsung perkembangan teknologi pendidikan yang Epson miliki. mulai dari Printer canggih sampai pada proyektor yang mampu saling terhubung bahkan dengan perbedaan letak yang sangat jauh.

Teknologi untuk menunjang pendidikan ini sangat penting diterapkan sekarang, bukan hanya untuk instansi pendidikan, tetapi untuk siswa yang sedang menempuh pendidikan juga sangat membutuhkan teknologi untuk mempermudah mendapatkan ilmu pengetahuan.

Seperti yang dikatakan oleh Lukmanda Evan Lubis selaku Manajer Kerja sama, Ventura dan, Hubungan Alumni FMIPA UI

“tidak mungkin bisa menjalankan pendidikan tanpa teknologi dewasa ini. Sebagai seorang pendidik harus menyiapkan anak-anak didik kita, tidak hanya untuk pendidikannya tapi untuk teknologinya juga supaya menunjang proses pendidikan dia. jadi memang bisa memulai di sini dari AiCI memang menginisiasi untuk pendidikan di bidang Artificial Intelligence (AI) yang pastinya akan bermanfaat buat mereka menghadapi perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang dan mungkin mempersiapkan mereka untuk 20-30 tahun ke depan.” ujarnya.

Penerapan teknologi pendidikan saat ini sangat relevan untuk semua tingkatan pendidikan, mulai dari sekolah dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Seperti yang dikatakan oleh Rialina Diani atau Miss Lina, Guru SD Bakti Mulya 400 Jakarta Selatan.

“Sangat relevan ya karena kalau untuk sekolah dasar mungkin mengeksplor dan memberikan pengalaman baru bagi anak-anak, untuk SMP dan SMA juga sangat relevan menurut saya karena juga bisa diaplikasikan program ini kepada siswa-siswa kami di SMP dan SMA juga.” ucapnya.

Harapannya kolaborasi AiCI bersama Epson Indonesia ini bisa jauh lebih luas lagi agar mendapatkan dampak yang positif untuk pendidikan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Reza Zulkarnain selaku Corporate Sale and Business Development Head PT Epson Indonesia.

“Harapannya kerja sama Kita bisa lebih dalam lagi, kita bisa bantu dunia pendidikan Indonesia dan juga bagaimana produk-produk Epson itu bisa memberikan kontribusi terhadap pendidikan Indonesia bersama dengan AiCI” tutupnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top