Artificial Intelligence Center Indonesia

Pembelajaran AI pada Pengabdian Masyarakat bersama Departemen Fisika UI

Pembelajaran AI pada Pengabdian Masyarakat bersama Departemen Fisika UI

Pengabdian masyarakat oleh jajaran Dosen Departemen Fisika UI berkolaborasi dengan AiCI telah selesai dilaksanakan. Program pengabdian masyarakat kali ini berupa pelatihan guru-guru yang terlaksana pada Rabu 29 Juni 2022, mulai jam 10 pagi sampai jam 5 sore.

Tujuan dengan adanya pengabdian masyarakat dari Dosen Fisika UI ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru-guru dalam mengajar. AiCI ikut serta membawa tujuan untuk mengenalkan Artificial intelligence (AI) kepada guru-guru.

Seperti yang diucapkan Budi Kurniawan salah satu Dosen Departemen Fisika UI, “Tujuan dari kegiatan ini adalah sebenarnya bagaimana kita meningkatkan kompetensi pembelajaran IPA khususnya fisika di SD. Yang mana pembelajaran ini kita mengharapkan menjadi pembelajaran yang menarik” ucapnya.

Pengabdian masyarakat kali ini berlokasi di SDN 1 Ciambar, Desa Ginanjar, Kec. Ciambar Kab. Sukabumi, Jawa Barat dan diikuti oleh 50 guru SD yang mengajar di sekitar daerah tersebut. Kegiatan diawali dengan pemaparan materi workshop oleh Dosen Departemen Fisika UI yang diikuti dengan serius tetapi tetap dalam keadaan santai, karena beberapa kali guyonan keluar menjadi titik tawa yang menghilangkan rasa bosan.

Kegiatan berikutnya adalah pengenalan Artificial intelligence (AI) beserta praktiknya oleh AiCI kepada guru-guru. Kegiatan ini berlangsung sangat seru dan meriah, karena peserta workshop diajak untuk merakit robot U Kit Edu yang telah AiCI siapkan. Guru-guru bergegas merakit bagian-bagian U Kit menjadi robot AI Enabled Life lengkap dengan program agar ia bisa berjalan.

Kegiatan ditutup dengan lomba adu jalan cepat dari robot U kit yang sudah dirakit oleh guru-guru. Lomba tersebut diiringi dengan antusias para peserta, karena beberapa robot yang mereka rakit tidak sesuai harapan. Beberapa robot ada yang berjalan miring, ada yang jalannya lambat, bahkan ada yang berputar-putar tak tentu arah.

Peserta kegiatan pengabdian masyarakat merasa senang karena mendapatkan ilmu baru yang bisa meningkatkan kompetensinya sebagai seorang guru. Ilmu tersebut akan digunakan dan dimanfaatkan oleh guru-guru dalam proses belajar mengajar.

“Sangat menyenangkan sekali, menegangkan, dan bikin penasaran. Banyak ilmu yang sangat bermanfaat bagi guru dan siswa nanti ketika kita mengajar di SD masing-masing akan mudah-mudahan bisa berkembang lagi kompetensinya dan bisa disalurkan kepada siswa-siswa semuanya” Ucap AI Nurhasanah, salah satu guru dari SDN Leuwikeris.

Hal yang sama dirasakan oleh Dadang selaku Kepala Sekolah SD Pakauman yang ikut dalam kegiatan pengabdian masyarakat Dosen Departemen Fisika UI bersama AiCI.

“Sangat mengesankan dan sangat diharapkan oleh semua guru-guru untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan siswa-siswanya di sekolahnya masing-masing”, ucapnya.

Harapan ke depannya kegiatan pengabdian masyarakat ini bisa berkelanjutan dan mengajak lebih banyak guru untuk terlibat dalam pelatihan, agar bisa memberi dampak yang positif terhadap pendidikan di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป
Scroll to Top