Artificial Intelligence Center Indonesia

Workshop Artificial Intelligence untuk Siswa di MAN 22 Jakarta

Workshop Artificial Intelligence untuk Siswa di MAN 22 Jakarta

AI Workshop adalah kegiatan yang pelatihan artificial Intelligence yang berbasis proyek. Setelah kegiatan ini peserta mampu menerapkan apa itu artificial intelligence mulai dari aspek yang paling sederhana yaitu dari kehidupan sehari-hari.

Kegiatan AI Workshop kali ini hadir di MAN 22 Jakarta pada 23 November 2022, diikuti oleh seluruh siswa-siswi dari kelas 10 dan 11. Kegiatan dimulai jam 10.00 di Gedung Multimedia sekolah. Peserta menyaksikan flashmob robot Alpha 1 E saat pembukaan berlangsung.

Kemudian diisi dengan pemberian materi tentang artificial intelligence (AI) sebagai bekal untuk mengerjakan proyek mereka masing-masing. Pemahaman terhadap AI bagi siswa penting sekali agar mampu memahami apa yang mereka kerjakan nantinya.

Materi yang disampaikan oleh Tutor AiCI dari Universitas Indonesia disusun secara sistematis dan tertata sehingga siswa dapat dengan mudah memahami konsep yang rumit sekalipun. Hal tersebut tentu akan membentuk pola pikir siswa agar lebih tertata dan logis dalam menyelesaikan masalah.

Sekitar 100 siswa mendengarkan penjelasan Tutor tentang AI yang di dalamnya terdapat Machine Learning (ML). Siswa diajarkan membuat sistem Image Classification yang mampu membedakan beberapa objek dengan kategori tertentu. Sistem tersebut mampu berfikir dan menentukan objek yang terlihat tergolong pada kategori yang mana.

Tutor pendamping berada diantara siswa guna memfasilitasi jika ada yang merasa belum paham, maka akan diberikan arahan agar pemahamannya sesuai.

Kemudian siswa dibuat kelompok per kelas dan mulai mengerjakan proyek yang mereka rancang sesuai dengan materi yang telah mereka dapatkan sebelumnya. Hal tersebut secara tidak langsung membantu menumbuhkan skill bekerja sama dalam kelompok agar proyek yang mereka rancang bisa sesuai dengan hasilnya nanti.

Mereka juga diberikan kebebasan untuk memakai fasilitas robot Alpha Mini yang bisa digunakan dalam proyek image classification. Siswa dilatih agar kreatif dan inovatif dalam mengerjakan proyek di bidang AI. Siswa dapat menggunakan Robot Alpha Mini dan mengeksplorasi lebih jauh tentang bagaimana ia bisa bekerja dan cara menggunakanya. Siswa menggunakan aplikasi Ucode dari laptop mereka dan diintegrasikan dengan robot Alpha Mini.

Walaupun dengan waktu yang terbatas, siswa mampu mengerahkan fokusnya dengan baik sehingga proyek yang dihasilkan semuanya sesuai dengan apa yang telah dijelaskan.

AI Workshop sudah bisa di adakan di sekolah – sekolah loh AI Enthusiast!. Sekolah kalian mau didatangi AiCI juga? Hubungi (+62) 821 1010 3938 atau bisa melalui instagram kami @aici.official untuk informasi lebih lanjut

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top