Artificial Intelligence Center Indonesia

Mahasiswa Teknik Elektro PNJ Belajar Berbagai Jenis Robot di AiCI

Mahasiswa Teknik Elektro PNJ Belajar Berbagai Jenis Robot di AiCI

Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Jakarta mengikuti kegiatan belajar robot di Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini berlangsung selama 90 menit pada tanggal 22 dan 23 November 2022.

Peserta sangat antusias untuk mempelajari empat jenis robot yang disediakan oleh AiCI, yaitu Education robot, Performance robot, Assistant robot, dan Serving robot. Semua robot dilengkapi dengan banyak sensor yang memungkinkan mereka untuk melakukan berbagai tugas secara otomatis.

Mahasiswa diajarkan tentang cara mengoperasikan robot dan menggunakannya untuk memecahkan masalah sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Education robot misalnya, dapat digunakan untuk membantu proses belajar mengajar di sekolah atau universitas. Robot jenis ini akan sangat membantu dalam memahami konsep artificial intelligence yang lebih luas. AiCI memiliki banyak jenis robot yang biasa digunakan untuk kegiatan belajar, contohnya Robot Ukit dan JIMU.

Performance robot dapat digunakan untuk menampilkan pertunjukan atau pertandingan. AiCI memiliki robot Alpha 1E dan berbagai jenis robot JIMU yang biasa digunakan sebagai robot pertunjukan. Alpha 1E bisa menari flashmob bersama-sama diiringi dengan musik yang sesuai dan selalu mampu menarik perhatian peserta.

Assistant robot dapat digunakan sebagai personal asisten untuk membantu pekerjaan sehari-hari. AiCI mempunyai Robot Alpha Mini dan Yanshee yang bisa digunakan sebagai asisten pribadi. Kedua robot tersebut sudah dilengkapi dengan kamera yang bisa mengambil selfie atau sekedar menampilkan keadaan sekitar.

Sedangkan Serving robot dapat digunakan untuk melayani tamu di sebuah hotel, restoran atau kantor. Robot Cruzr adalah salah satu robot yang AiCI miliki dan termasuk pada jenis serving robot. Cruzr bisa membantu navigasi dan arah ruangan juga bisa dikontrol sebagai asisten pribadi

Peserta terlihat sangat menikmati kegiatan ini dan merasa bermanfaat untuk memahami lebih dalam tentang robot dan cara menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini juga menambah wawasan dan pengetahuan peserta tentang teknologi AI dan robotika. AiCI akan terus menyelenggarakan kegiatan belajar robot untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mempelajari teknologi AI dan robotika secara lebih mendalam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top