Artificial Intelligence Center Indonesia

Pelatihan Ai Dan Robotik Bagi Siswa SD dan SMP PKMB Generasi Juara Depok

Pelatihan Ai Dan Robotik Bagi Siswa SD dan SMP PKMB Generasi Juara Depok

PKBM Generasi Juara (Genju) Depok bekerjasama dengan AiCI untuk menyelenggarakan pelatihan Artificial Intelligence (AI) dan robotik bagi siswa-siswinya. Setiap akhir pekan Genju memang memiliki program yang menunjang pembelajaran formal di kelas. Minggu 20 November lalu, AiCI berkesempatan untuk mengenalkan AI, robotik, dan teknologi yang sedang berkembang.

Pelatihan berlangsung selama kurang lebih 90 menit dipandu oleh Tutor dari AiCI. Siswa – siswi Genju yang mengikuti pelatihan Ai dan Robotik kali ini sebanyak 24 orang dari berbagai tingkatan kelas mulai dari kelas 1 SD sampai 1 SMP.

Siswa – siswi Genju duduk berkelompok sesuai grade untuk bersama-sama membuat robot Snail dari Ukit. Di Awal Tutor AiCI memberikan beberapa arahan pokok terkait aplikasi dan robot yang digunakan saat pelatihan seperti cara menyatukan bagian – bagian dari Ukit.

Kemudian mereka mulai bekerjasama dalam kelompok untuk menyusun bagian demi bagian Ukit tersebut sampai menjadi robot berbentuk snail. Saat proses perakitan berlangsung ada kelompok yang kesulitan dan bingung dengan urutan pemasangan dan penggunaan media pembelajaran. Hal tersebut wajar terjadi karena mereka belum terbiasa dan belum mengenal media yang digunakan.

Setelah beberapa saat, siswa – siswi sudah familiar dengan cara dan media pembelajaran yang digunakan akhirnya mereka pun berhasil menyelesaikan robot berbentuk snail. Selanjutnya siswa diajarkan untuk membuat coding sederhana melalui merekam gerakan agar robot snail yang telah mereka ciptakan bisa berjalan sesuai dengan keinginan dan tujuan.

Tentu bukan hal yang mudah menyelesaikan tahap demi tahap sampai menjadi robot snail yang berjalan dengan sesuai, namun semua kelompok akhirnya mampu menyelesaikan misi tersebut. Robot snail yang telah siap dari masing-masing kelompok akan dilihat kemampuan berjalannya dalam sebuah mini competition. semua siswa sangat antusias mengikuti mini competition ini untuk melihat robot hasil karya mereka.

Di Akhir sesi, siswa siswi Genju dikenalkan dengan robot Alpha Mini yang bisa melakukan berbagai macam kegiatan termasuk sebagai personal assistant. Sebelum pelatihan ditutup, semua siswa berkumpul untuk berfoto bersama dengan fitur selfie yang ada di Alpha Mini.

AiCI membuka kelas reguler belajar AI dan Robotik untuk siswa SD, SMP, dan SMA di Gd. Laboratorium Riset Multidisiplin Pertamina FMIPA UI Lt. 4.

Informasi ketersediaan kelas bisa hubungi kami melalui (+62) 821 1010 3938. Follow Instagram dan Tiktok kami @aici.official untuk update berita terbaru seputar artificial intelligence (AI) dan dunia teknologi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top