Artificial Intelligence Center Indonesia

Segera! Borobudur dan Pulau Komodo masuk Metaverse Indonesia

Segera! Borobudur dan Pulau Komodo masuk Metaverse Indonesia

Pertemuan Menkominfo, Johnny G Plate, dengan Meta di Palo Alto, California membuahkan beberapa hasil. Salah satunya adalah Meta menawarkan Borobudur dan Komodo untuk masuk Metaverse. Hal tersebut terjadi karena Meta ingin mengembangkan Metaverse di Indonesia. Pertemuan tersebut terjadi pada Jumat 29 Juli 2022, pada saat itu juga Menkominfo mencoba Metaverse dan bertemu engineer Indonesia yang ada di Meta.

Candi Borobudur, candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah Indonesia. (Gambar : id.wikipedia.org)

Monica Desai selaku VP of Connectivity Policy Meta, mengaku senang bisa menjalin kerjasama dengan Indonesia untuk membangun Metaverse, karena menurutnya Metaverse butuh inovasi di setiap level agar menjadi nyata.

“Membawa Metaverse jadi nyata butuh inovasi baru di setiap level. Kami senang berkolaborasi dengan partner di Indonesia untuk membuat Metaverse jadi nyata,” kata VP of Connectivity Policy Meta, Monica Desai.

Pemerintah Indonesia menawarkan destinasi super prioritas yang dimiliki Indonesia untuk masuk ke dalam Metaverse. Beberapa destinasi yang ditawarkan adalah Candi Borobudur, Labuan Bajo, Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Menkominfo melihat adanya peluang untuk memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) Metaverse untuk mendukung sektor pariwisata yang ada di Indonesia sekaligus meminimalisir kesalahan yang mampu membuat cagar budaya menjadi rusak akibat ulah manusia tak bertanggung jawab.

“Kita bisa memanfaatkan teknologi AR dan VR Metaverse ini agar pemanfaatan teknologi digital ini bisa mendukung turisme sekaligus menjaga agar Borobudur terjaga dengan baik,” kata Johnny.

Selain Borobudur, pemanfaatan teknologi VR dan AR juga bisa membuat destinasi wisata Pulau Komodo menjadi lebih baik, siapapun bisa melihat dan mengamati komodo namun tidak sampai mengganggu habitatnya. Sehingga edukasi terhadap satwa khas Indonesia itu pun bisa berlangsung dan selaras dengan kelestarian habitat dan lingkungannya.

“Untuk menjaga kelestarian komodo dan keamanan kita, kita datang ke Pulau Rinca, untuk menyaksikan komodo langsung. Kita bisa melalui VR sehingga ada pengalaman langsung bagaimana mengamati komodo melalui Metaverse,” tutupnya.

Komodo di Taman Nasional Komodo Nusa Tenggara Timur, Indonesia (Gambar : travel.kompas.com)

Pertemuan Pemerintah dan Meta juga membahas banyak hal diantaranya ekonomi digital, pembangunan talenta digital Indonesia, dan ruang digital. Banyak sektor yang akan bertumbuh seiring dengan adanya produk Meta di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top