Artificial Intelligence Center Indonesia

Robot AiCI Jadi Pusat Perhatian Saat Pembukaan KSM Oleh Menag

Robot AiCI Jadi Pusat Perhatian Saat Pembukaan KSM Oleh Menag

Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) bekerja sama dengan Kementerian Agama dalam membuka acara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) di Padepokan Pencak Silat TMII DKI Jakarta.

Acara KSM yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bekerja sama dengan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta ini mengusung tema “Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri.”

AiCI menyiapkan beberapa robot untuk digunakan dalam acara pembukaan tersebut, diantaranya adalah Robot Alpha 1 E dan Cruzer. Robot Cruzr menarik perhatian peserta pembukaan KSM, karena Cruzr mengantarkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dari pintu masuk ke tempat duduknya.

Kemudian, Acara dilanjutkan dengan sambutan dan lalu Menag Yaqut mengangkat robot Alpha 1 E yang secara simbolik membuka acara KSM 2022.

Sebanyak 12 robot Alpha 1 E yang diletakan dalam podium-podium di atas panggung bergerak secara bersamaan dengan iringan musik. Flashmob dari Alpha 1 E mengundang tepuk tangan dari para penonton yang hadir di Padepokan Pencak Silat TMII DKI Jakarta.

KSM 2022 ini adalah kali ke 11 Kemenag mengadakan acara teknologi yang inovatif namun tetap mengedepankan nilai-nilai islam. Selain KSM, ada dua kegiatan yang dilakukan secara bersamaan, yaitu Madrasah Young Reseacher Supercamp (MYRES)

Menurut Dirjen Pendidikan Islam, Ali Ramdhani, ada 374 peserta yang ikut dalam gelaran KSM 2022 ini. Mereka yang datang adalah yang terpilih dari peserta seluruh Indonesia.

“Tidak kurang dari 374 peserta yang akan berkompetisi dalam acara yang diselenggarakan pada 10-14 Oktober 2022. Pada saat yang sama, kita akan menyaksikan 36 inovasi hasil penelitian paling unggul dari 9.220 siswa madrasah se-Indonesia,” kata Ali Ramdhani.

AiCI membuka kesempatan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak dalam menyelenggarakan acara berbasis pendidikan dan teknologi, namun AiCI tak menutup pintu untuk acara lain bila ingin bekerja sama. Informasi lebih lanjut hubungi (+62) 821 1010 3938 atau melalui instagram @aici.officia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top