Artificial Intelligence Center Indonesia

AI Day AiCI: Wisata Pendidikan yang Cocok Jadi Tempat Study Tour

AI Day AiCI: Wisata Pendidikan yang Cocok Jadi Tempat Study Tour

Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) membuka pelatihan Artificial intelligence (AI) dan Robotik untuk siswa, guru, dan mahasiswa. Pada kesempatan kali ini AiCI memberikan pelatihan AI dan robotik kepada siswa-siswi SMPIT Darul Fikri yang sedang dalam perjalanan Study Tour.

Kegiatan berlangsung selama kurang lebih 90 sampai 120 menit di AiCI, Gd. Laboratorium Riset Multidisiplin Pertamina FMIPA UI Lt. 4, Universitas Indonesia. Kebijakan Darul Fikri membagi waktu Study Tour sekolah menjadi dua hari, pada Rabu, 19 Oktober 2022 dikhususkan untuk siswa laki-laki saja mulai dari kelas 7, 8, dan 9. Hari Kamis, 20 Oktober 2022 giliran untuk siswi semua kelas. Kegiatan yang dilakukan pada dua hari itu difokuskan untuk belajar membuat robot dan pengenal artificial intelligence serta mengenal alam di Ragunan.

Kegiatan dibuka dengan penampilan flashmob dari robot Alpha 1E, dilanjutkan dengan pengenalan robot Alpha Minidan Yanshee. Setelah itu siswa diberikan materi tentang Ai oleh Baiq Hana Susanti sebagai Wakil Direktur AiCI di ruang Exhibition.

Lalu peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan disebar ke lab Ai yang tersedia di AiCI. Tiap kelompok akan membuat robot bentuk humanoid yang akan dilengkapi dua mata dan kaki yang bisa digerakkan.

Siswa dibantu dengan aplikasi UKit Edu yang bisa diunduh secara gratis untuk merakit robot. Tutor AiCI menemani tiap kelompok dalam prosesnya agar robot yang dirakit sesuai dengan panduan dan keinginan.

Peserta berkolaborasi dan membagi tugas-tugas yang ada agar pekerjaan kelompok lebih cepat selesai dan efisien. Hal tersebut juga dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kemampuan kerja sama serta saling percaya satu sama lain.

Kemudian robot yang telah selesai dirakit akan di coding dan programing secara sederhana melalui aplikasi UKit Edu. Setelah coding dan programing selesai, robotnya bisa berjalan maju dan mundur sesuai perintah yang diinginkan. Kegiatan ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan robot yang telah mereka rakit.

AiCI membuka kesempatan belajar Ai dan robotik untuk mengisi kegiatan Study Tour sekolah, ragam kegiatan bisa didiskusikan selanjutnya. AiCI juga membuka kelas reguler pada sabtu dan minggu untuk siswa SD, SMP, dan SMA.

Informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui (+62) 821 1010 3938. Follow Instagram dan Tiktok kami @aici.official untuk update berita terbaru seputar artificial intelligence (AI) dan dunia teknologi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top