Artificial Intelligence Center Indonesia

Pengertian Virtual Reality, Fungsi, dan Contohnya Pada Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Virtual Reality, Fungsi, dan Contohnya Pada Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Virtual Reality

Istilah virtual reality (VR) bermula pada tahun 1980 oleh Jaron Lanier yang merupakan pemilik perusahaan VPL Riset. Pengertian virtual reality adalah suatu teknologi yang memungkinkan seseorang dapat melakukan simulasi dengan menghadirkan visual dan suasana tiga dimensi. Ketika teknologi VR digunakan, penggunanya akan merasa seperti interaksi secara langsung, seolah-olah terjadi seperti pada dunia nyata.

Menikmati teknologi VR ternyata tidak semenyenangkan membaca pengertiannya loh, AI Enthusiast. Kita perlu perangkat khusus yang membantu agar bisa melihat dunia semu hasil simulasi komputer namun terasa begitu nyata. Perangkat khusus yang menunjang penggunaan VR akhirnya dikembangkan oleh Lanier demi mendukung perkembangan VR agar semakin nyaman digunakan, seperti kacamata khusus dan sarung tangan.

Contoh Virtual Reality pada Kehidupan sehari-hari

Keberadaanya VR saat ini masih terus berkembang, dan sudah banyak yang memanfaatkannya pada kehidupan sehari-hari, seperti :

1. VR box

VR box adalah perangkat VR standar berbentuk kotak yang menggunakan smartphone sebagai sumber gambar. Perangkat ini dominan digunakan untuk bermain game atau sekedar menonton video.

Perangkat VR box ini banyak digunakan untuk bermain game dan menonton video. VR box adalah salah satu perangkat VR standar yang bentuknya kotak. sumber gambar dari VR box ini berasal dari smartphone kalian ya AI Enthusiast!

2. Oculus rift

Teknologi yang tertanam pada Oculus rift lebih canggih daripada VR box walaupun sepintas terlihat mirip secara bentuk dan ukuran. Oculus rift sudah tidak perlu menggunakan smartphone sebagai sumber gambar karena memiliki dedicated monitor di dalamnya. Selain itu, terdapat juga sensor gyroscope dan accelerometer pada Oculus rift. Sensor tersebut membuat penggunanya merasakan sensasi yang lebih nyata.

3. Cardboard

Selain Oculus rift, ada juga Cardboard yang dikembangankan oleh Google. Menggunakan Cardboard cukup mudah, cara pertama kalian harus membuat platform Google Cardboard menggunakan bahan karton atau kalian juga bisa langsung membelinya di toko-toko online dengan harga yang terjangkau.

Saat ini VR tidak hanya digunakan untuk bermain game atau menonton video aja ya AI Enthusiast. Perkembangannya memberikan kesempatan kepada banyak sektor untuk menggunakan dan memanfaatkan VR.

Fungsi Virtual Reality

Beberapa fungsi virtual reality yang banyak penggunaannya saat ini antara lain:

1. VR untuk Simulasi pengobatan dan bedah dalam bidang medis

Seorang dokter untuk melakukan pendekatan diagnosis yang lebih terukur kepada pasien sebelum melakukan tindakan memungkinkan menggunakan virtual reality. dengan bantuan VR dokter dapat menghitung segala kemungkinan yang akan terjadi selama proses pengobatan dengan meminimalisir kesalahan diagnosis.

2. VR untuk Simulasi membuat desain dalam bidang fashion dan teknik

Ternyata VR juga mampu bermanfaat pada sektor desain terutama untuk desainer yang sedang membuat desain dalam berbagai bentuk. Selain itu, dengan menggunakan VR, desainer mampu melihat desain dalam bentuk 3D sehingga detail desain sangat terlihat.

3. VR Sebagai media pembelajaran terkini

VR sangat membantu dunia pendidikan dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. berkat adanya VR, siswa di sekolah bisa melihat secara nyata dan detail konsep yang diajarkan guru tanpa kesulitan untuk membayangkannya. VR sangat membantu siswa dalam memahami pelajaran di sekolah.

AiCI memiliki VR yang bisa digunakan untuk belajar dan mendalami dunia virtual. Selain itu, AiCI memfasilitasi generasi muda untuk menguasai ilmu artificial intelligence melalui pembelajaran yang menyenangkan.

Ditemani langsung tutor dari Universitas Indonesia dan modul serta fasilitas yang lengkap, AiCI memberikan kualitas terbaik untuk mencetak generasi penerus yang unggul dan mampu menguasai artificial intelligence serta mampu bersaing dengan perkembangan zaman.

Informasi ketersediaan kelas bisa menghubungi kami di (+62) 821 1010 3938 atau melalui akun Instagram @aici.official.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top