Artificial Intelligence Center Indonesia

Memasuki Era Digital, Inilah Pekerjaan Yang Diminati Perusahaan Sampai 2025

Memasuki Era Digital, Inilah Pekerjaan Yang Diminati Perusahaan Sampai 2025

Ekonomi digital secara global tumbuh dengan sangat cepat tak dipungkiri juga di Indonesia industrinya sedang bertumbuh. Diperkirakan untuk memenuhi kebutuhan industri digital tersebut akan ada 17 juta kesempatan bekerja bagi tenaga kerja yang terampil secara digital dan siap menghadapi dunia pekerjaan hingga tahun 2030.

Peluang kerja yang sangat tinggi tersebut ternyata belum diimbangi dengan pembibitan generasi muda di Indonesia. Pasalnya Indonesia hanya mampu menghasilkan 600 ribu tenaga kerja di bidang digital setiap tahunnya. Segala upaya untuk memenuhi kebutuhan industri pun harus dilakukan. Bukan hanya dari pemerintah, pihak lainnya pun ikut membantu untuk memenuhi kebutuhan terhadap dunia kerja digital.

Industri teknologi memiliki banyak kesempatan bagi berbagai profesi baru pada masa depan. Menurut laman weforum.org terdapat lima pekerjaan yang diperkirakan akan makin dibutuhkan pada 2025.

Lantas apa saja pekerjaan yang diminati dan dibutuhkan pada saat ini? Inilah lima pekerjaan yang diperkirakan akan semakin dibutuhkan pada tahun 2025 menurut laman weforum.org .

1. Big Data Analytic

Seperti namanya, pekerjaan ini mengurusi seputar data. Pekerjaan dibidang data banyak bentuknya, seperti Data Scientist, Data Analyst, Data Engineering, dan lainnya.

2. Enkripsi Dan Keamanan Siber

Keamanan di bidang digital menjadi fokus banyak perusahaan untuk melindungi segala bentuk data yang dimiliki dan menumbuhkan rasa percaya serta rasa aman bagi pengguna di era digital. Maka dari itu pekerjaan ini diminati banyak perusahaan.

3. Cloud Computing, Lokal Pasar, dan Perdagangan Digital

Penggunaan internet sebagai sarana industri baru memberikan banyak peluang kepada siapapun yang menguasai Cloud Computing untuk membantu mengembangkan sebuah sistem digital yang baik.

4. Mesin Belajar, Natural Language Program (NLP)

Pekerjaan ini sebenarnya masuk juga kepada ranah yang lebih luas dan umum yaitu Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Dengan menggunakan NLP, mesin yang diciptakan bisa mengerti bahasa manusia. Hal itu mempermudah banyak hal di sektor ekonomi digital.

5. Artificial Intelligence Secara Umum

Kecerdasan buatan seperti yang sudah disinggung di NLP, memang berperan sangat signifikan terhadap perkembangan era digital. Penggunaan AI saat ini sudah umum digunakan di banyak perusahaan.

AiCI sebagai pusatnya Artificial Intelligence di Indonesia, turut serta membantu generasi muda agar mampu menguasai keterampilan AI yang akan bermanfaat saat di dunia kerja. AiCI membuka kesempatan belajar AI sejak usia dini yang dikemas secara menyenangkan dan ditemani langsung oleh tutor dari Universitas Indonesia.

AiCI juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung pembelajaran seperti robot dengan segala bentuk dan ukuran, modul, ruangan laboratorium, dan lain-lain.

Informasi ketersediaan kelas bisa menghubungi kami di (+62) 821 1010 3938 atau melalui akun Instagram @aici.official.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป
Scroll to Top