Artificial Intelligence Center Indonesia

3 Peran Artificial Intelligence Dalam Dunia Ekonomi Dan Keuangan

3 Peran Artificial Intelligence Dalam Dunia Ekonomi Dan Keuangan

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah memberikan dampak yang positif dalam berbagai bidang termasuk dalam dunia keuangan. Saat ini AI sangat bermanfaat untuk dunia keuangan dan membantu menyempurnakan sistem yang ada sebelumnya.

Uang dan ekonomi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia modern. Bahkan salah satu ciri suatu negara dianggap negara maju adalah dilihat keadaan ekonominya.

Artinya bidang keuangan menjadi sektor yang perlu diperhatikan proses dan keamanannya. Ditambah dengan bermunculannya e-commerce yang mempercepat perputaran roda perekonomian.

Berikut ini 3 peran kecerdasan buatan dalam bidang ekonomi dan keuangan :

1. Deteksi Penipuan

Percobaan penipuan kerap kali terjadi pada dunia finansial. Penipu menggunakan ribuan cara untuk mengelabui korban seperti membuat surat keterangan palsu.

Adanya Artificial Intelligence sangat membantu industri finansial untuk mendeteksi adanya percobaan penipuan. AI akan melihat pola-pola tertentu yang dinilai tidak wajar dan menghentikannya untuk tidak melakukan tindakan lebih jauh lagi.

2. Merespon Pertanyaan Otomatis

Penjual online akan sangat terbantu dengan adanya chatbot ini. Saat ada pertanyaan yang sifatnya umum dan ditanyakan oleh semua pelanggan betapa lelahnya penjual bila harus menjawabnya satu persatu.

Chatbot akan membantu kerja industri finansial untuk merespon pertanyaan customer secara otomatis. Asisten virtual tersebut akan mempermudah komunikasi langsung dengan pelanggan yang memiliki pertanyaan atau keluhan.

3. Menemukan Consumer Insight

Pelanggan tak perlu pusing untuk mencari barang yang dibutuhkan, begitu juga dengan penjual. Artificial Intelligence dapat membantu untuk menggali insight mengenai berbagai kebutuhan pelanggan.

AI akan merekomendasikan hal yang relevan dengan apa yang sedang dicari pelanggan. Sehingga penjual dan pelanggan sama-sama terbantu dengan adanya AI ini.

Melihat zaman yang sudah maju dengan segala perkembangan teknologinya sekarang saatnya untuk membekali skill kepada anak agar bisa beradaptasi di kemudian hari.

Pelajari cara kerja Artificial Intelligence (AI) sejak dini. Kuasai ilmu dan teknologinya, berikan manfaat bagi banyak orang. Bersama AiCI, Kuasai AI genggam dunia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top