Artificial Intelligence Center Indonesia

Keseruan Fitrah Islamic World Academy Belajar AI dan Robotik di AiCI

Keseruan Fitrah Islamic World Academy Belajar AI dan Robotik di AiCI

Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) menyelenggarakan kegiatan Ai Day di Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin Pertamina, FMIPA UI Lantai 4, Universitas Indonesia, Depok. AI Day bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk mempelajari Artificial Intelligence (Ai) dan robotika selama sehari penuh.

Pada Ai Day kali ini, 105 siswa SMP dan 137 siswa SMA dari Fitrah Islamic World Academy (FIWA) berpartisipasi dalam kegiatan yang berlangsung pada 06 Februari 2024. Para peserta didampingi oleh tutor dari Universitas Indonesia dan disediakan fasilitas lengkap, termasuk ruangan yang nyaman, berbagai jenis robot, dan akses internet yang mendukung kelancaran kegiatan. Kegiatan Ai Day terbagi menjadi tiga sesi utama, yakni Robotic Session, CEO Talks, dan AI Day.

Robotic Session, yang berlangsung dari jam 09.00 hingga 11.00, diikuti oleh siswa SMP. Mereka dikelompokkan dan menyebar ke laboratorium AI yang disediakan oleh AiCI. Pada sesi ini, peserta merakit robot Arm dan me-coding agar dapat bergerak sesuai keinginan. Peserta berkolaborasi dan membagi tugas-tugas yang ada agar pekerjaan kelompok lebih cepat selesai dan efisien. Hal tersebut juga dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kemampuan kerja sama serta saling percaya satu sama lain.

Setelah makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan CEO Talks, di mana diadakan talkshow dan sesi tanya jawab dengan tema “Dream bigger, do huger”. Tiga CEO start-up, Baiq Hana Susanti (Co-Founder AiCI), William Irawan (CEO Primeskills), dan Gatot Wicaksono (CEO Jarivis), berbagi pengalaman mereka dalam merintis perusahaan di bidang Teknologi dan AI. Peserta dengan antusias mendengarkan dan memberikan pertanyaan sesuai dengan tema yang dibahas.

Sesi terakhir, AI Day, memungkinkan para siswa untuk mempelajari dan mencoba aplikasi AI dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat tiga corner kegiatan, yaitu Virtual Reality (VR), Humanoid Robot, dan Internet of Things (IoT). Kegiatan ditutup dengan foto bersama.

AiCI membuka peluang bagi sekolah yang ingin mengadakan Study Tour dengan topik Ai dan robotika, dengan berbagai kegiatan yang dapat didiskusikan lebih lanjut. Selain itu, AiCI juga menyediakan kelas reguler pada hari Jumat dan Sabtu untuk siswa SD, SMP, dan SMA.

Informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui (+62) 821 1010 3938. Follow Instagram dan Tiktok kami @aici.official untuk update berita terbaru seputar AI dan dunia teknologi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top