Artificial Intelligence Center Indonesia

Siswa SMP Belajar Dunia Artificial Intelligence (AI) dan Robotika di AiCI FMIPA UI

Siswa SMP Belajar Dunia Artificial Intelligence (AI) dan Robotika di AiCI FMIPA UI

Pendidikan telah mengalami perubahan yang signifikan dengan integrasi teknologi ke dalam kurikulum. Salah satu upaya untuk mempersiapkan generasi masa depan adalah dengan memperkenalkan konsep Artificial Intelligence (AI) dan robotika kepada siswa di tingkat SMP/ Mts. Di AiCI FMIPA UI memliki kegiatan belajar AI bernama Fun Learning with AI. Sebuah program khusus telah dirancang untuk memperkenalkan siswa SMP ke dunia AI dan robotika selama 14 pertemuan.

Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang konsep AI dan robotika serta keterampilan pemrograman kepada siswa. Salah satu level yang diajarkan pada siswa SMP adalah “Magic World” yang mengajarkan pemrograman untuk membuat animasi, ilustrasi, dan permainan menggunakan platform pemrograman berbasis Scratch. Selain itu, siswa juga akan belajar bagaimana mengintegrasikan pemrograman Scratch dengan kontrol dan interaksi sederhana pada robot.

Mengapa memperkenalkan AI dan robotika kepada siswa SMP? Ini karena pentingnya memahami teknologi yang akan membentuk dunia di masa depan. AI dan robotika telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, dari otomatisasi industri hingga asisten virtual di rumah. Dengan memahami dasar-dasar teknologi ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan masa depan.

Melalui program ini, siswa tidak hanya belajar konsep-konsep teoritis, tetapi juga mendapatkan pengalaman praktis dalam pemrograman dan pengembangan robot sederhana. Mereka belajar bekerja dalam tim, memecahkan masalah, dan menghadapi tantangan teknis yang mungkin muncul selama proses pembelajaran. Selain itu, mereka juga diajarkan nilai-nilai seperti ketekunan, kerja sama, dan kreativitas dalam mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari.

Dengan demikian, program ini bukan hanya tentang mengajarkan teknologi, tetapi juga tentang mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan dalam dunia yang semakin didorong oleh teknologi. Melalui pembelajaran yang terstruktur dan berkelanjutan di AiCI FMIPA UI, siswa SMP diberi kesempatan untuk menjelajahi potensi diri mereka dalam menguasai AI dan robotika, menginspirasi mereka untuk mengejar karir di bidang ini, dan secara keseluruhan, mempersiapkan mereka untuk menghadapi masa depan yang penuh dengan inovasi dan kemajuan teknologi.

Untuk informasi ketersediaan kuota kelas dan informasi lainnya, bisa menghubungi Instagram AiCI di @aici.official atau menghubungi (+62) 821 1010 3938.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top