Artificial Intelligence Center Indonesia

Fun Learning with AI untuk Siswa SMA, Eksplorasi Potensi Luas Robotika dan AI

Fun Learning with AI untuk Siswa SMA, Eksplorasi Potensi Luas Robotika dan AI

Fun Learning with AI adalah program yang bertujuan untuk memberikan pelayanan pendidikan Artificial Intelligence (AI) untuk siswa sekolah dasar hingga menengah atas. Bagi siswa SMA, sangat penting untuk mengenal dan memahami AI yang akan membuka banyak kesempatan di dunia kerja nantinya.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Lab Riset Multidisiplin Lantai 4 FMIPA UI yang dilengkapi dengan fasilitas yang sangat mendukung, termasuk lima laboratorium, alat/media pembelajaran yang lengkap, tutor bersertifikat, dan modul pembelajaran yang dirancang untuk memastikan proses belajar berlangsung tepat dan efisien. AiCI juga menciptakan lingkungan inspiratif bagi siswa agar dapat menjelajahi bidang robotika dan AI. Fokus utama dari program ini adalah merangsang rasa ingin tahu dan kreativitas siswa, dengan tujuan membekali mereka menjadi mahir dalam teknologi canggih ini.

Program Fun Learning with AI diadakan setiap Sabtu jam 10:00 WIB, dengan satu sesi pelajaran berdurasi 90-120 menit. Modul pembelajaran untuk siswa SMA terdiri dari tiga tingkatan, yaitu Super Engineer, Future Town, dan Super Designer. Setiap modul memiliki tujuan dan capaian yang berbeda sesuai dengan jenjang pendidikan. Pada tingkatan Future Town, siswa SMA tidak hanya mendalami aspek teoritis robotika dan AI, tetapi juga terlibat aktif dalam proyek nyata. Kurikulumnya menekankan keterampilan praktis, di mana siswa belajar membuat aplikasi Android sederhana melalui teknik pemrograman drag-and-drop. Mereka juga diajarkan untuk mengomunikasikan antara robot dengan aplikasi yang mereka buat. Pendekatan ini memastikan bahwa proses pembelajaran tidak hanya informatif tetapi juga menyenangkan, memicu antusiasme siswa terhadap teknologi.

Untuk mendukung pembelajaran yang bermakna, Fun Learning with AI telah menyediakan berbagai media pembelajaran seperti uKit, Alpha Mini Robot, Yanshee Robot, uKit Explore, Cruz, JIMU Robot, Alpha 1E Robot, dan lainnya. Setiap siswa akan difasilitasi dengan satu media pada saat pembelajaran berlangsung.

Program Fun Learning with AI mendorong kolaborasi, berpikir kritis, dan keterampilan pemecahan masalah, mempersiapkan generasi mendatang untuk menghadapi tantangan dan peluang yang ada di depan. Seiring dengan terus mengeksplorasi potensi luas robotika dan AI, siswa-siswa ini bukan hanya konsumen teknologi, melainkan kontributor aktif pada evolusi teknologi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan kuota kelas dan informasi lainnya, dapat menghubungi akun Instagram AiCI di @aici.official atau menghubungi (+62) 821 1010 3938.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top