Artificial Intelligence Center Indonesia

Expert Learning bersama Prof Alhadi: 60% Dari AI System adalah Data Science

Expert Learning bersama Prof Alhadi: 60% Dari AI System adalah Data Science

Expert Learning adalah salah satu rangkaian pada Internship Program for Indonesian Artificial Intelligence (AI) oleh AiCI yang dilaksanakan tiap dua minggu sekali. Kegiatan yang dilakukan secara daring tersebut membahas satu bahasan tertentu yang berhubungan dengan AI dan menghadirkan pakar di bidangnya.

Pada Sabtu, 9 April 2022, Expert Learning membahas Data Science secara tuntas dengan menghadirkan Prof. Alhadi Bustamam, Ph.D. yang menjabat sebagai Kepala Departemen Matematika UI dan Founder Data Science Center FMIPA UI.

Expert Learning ini wajib diikuti seluruh peserta yang mengikuti program Studi Independent Merdeka Belajar di AiCI. Peserta yang tersebar dari berbagai kampus di seluruh Indonesia menyimak dengan baik materi Data Science yang disampaikan oleh Prof Hadi.

Prof Hadi menjelaskan Data Science dengan contoh sehari-hari dan sangat mudah dipahami oleh siapapun yang menyimaknya. Ia memberikan contoh perbedaan antara data, informasi, pengetahuan, dan wisdom melalui gambar sebuah Tomat berwarna merah.

Data adalah sebuah fakta yang tercatat, dan melalui gambar tersebut data yang didapat adalah Benda merah dan bulat. Kemudian, Informasi adalah sebuah data, sistematis, dan terorganisir yang ditambahkan konteks tertentu, melalui gambar tersebut informasi yang didapat adalah Objeknya adalah Tomat.

Pengetahuan adalah hubungan informasi-informasi yang ditambahkan competitive knowledge, maka pengetahuan dari gambar tersebut yaitu Tomat adalah buah. Sedangkan Wisdom adalah kumpulan pengetahuan dan dijadikan petunjuk sehari-hari, contohnya adalah Jangan pernah memasukan tomat ke dalam salad buah.

Selanjutnya Prof Hadi juga menjelaskan Data Science adalah bidang interdisipliner yang menggunakan metode, proses, algoritma, dan sistem ilmiah untuk mengekstrak pengetahuan dan wawasan dari data dalam berbagai bentuk, baik terstruktur maupun tidak terstruktur, mirip dengan penambangan data.

Data Science adalah mesinnya AI system, karena ia berperan sebesar 60% dari keseluruhan AI system. “Jadi siapapun yang ingin menguasai AI, maka harus kuasai juga Data Science” Ucap Prof Hadi di kelas Expert Learning.

Tertarik mengikuti kelas Expert Learning selanjutnya? Ayo ikuti sosial media AiCI @infoaici untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top