Artificial Intelligence Center Indonesia

AiCI Ajak Anak Sekolah Dasar Mahir AI Sejak Dini

AiCI Ajak Anak Sekolah Dasar Mahir AI Sejak Dini

“Kuasai Artificial Intelligence (AI) genggam dunia”, sebuah motto dari AiCI yang dirasa tepat untuk menggambarkan keadaan saat ini dan masa depan. Kecerdasan artifisial perlu dipelajari dan dikuasai sejak dini, agar di masa depan dapat bermanfaat pada bidang yang tepat. AiCI (Artificial Intelligence Center Indonesia) berinovasi menyelenggarakan kelas yang seru dan menarik tentang Artificial Intelligence atau AI untuk anak sekolah dasar.

Sesuai dengan tujuan AiCI yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia dalam bidang artificial Intelligence untuk membangun kapabilitas bangsa menyambut revolusi industri 4.0, maka hadirlah Fun Learning with AI untuk siswa SD, SMP, SMA/sederajat dengan segudang fasilitas yang mumpuni. Bertempat di Lt. 4 Gd. Lab Riset Multidisiplin Pertamina FMIPA UI, Fun Learning with AI adalah Kegiatan belajar Artificial Intelligence secara terstruktur, terkonsep, dan menyenangkan untuk diikuti siswa karena didampingi langsung oleh Tutor yang telah mendapatkan pelatihan bersertifikasi dari AiCI.

Fun Learning with AI Batch 1 telah dilaksanakan dari 1 November 2021 sampai Maret 2022, dan saat ini sedang berlangsung Batch 2 mulai April 2022. Siswa sekolah dasar yang ikut serta dalam kegiatan Fun Learning with AI akan mendapatkan modul pembelajaran AI Fantasi Zoo untuk kelas 1-3 SD, dan AI Smart Life untuk kelas 4-6 SD.

Tiap siswa akan difasilitasi satu media atau alat pembelajaran setiap pertemuan. Media pembelajaran yang digunakan juga amat beragam, diantaranya adalah Alpha Mini Robot, uKit Explore, JIMU Robot, dan masih banyak yang lainnya.

Pelaksanaan pembelajaran didampingi oleh satu tutor untuk maksimal 10 siswa, agar tutor mampu menjelaskan konsep secara komprehensif dan bisa mengkondisikan kelas dengan baik. Waktu satu sesi pembelajaran adalah 90-120 menit tiap minggu selama satu semester.

Pembelajaran yang dilakukan sangat seru dan menyenangkan, seperti yang terlihat di hari pertama Batch 2 pada Sabtu, 09 April 2022. Tutor mengenalkan robot Alpha Mini yang menjadi robot iconic dari AiCI sekaligus menjelaskan programing basic yang digunakannya. Selanjutnya, tutor menerangkan cara merakit kode blok dari pemrograman Alpha Mini, mengajarkan cara pengoperasiannya, dan diakhiri dengan lomba kecil-kecilan yang membuat siswa terpacu semangat berkompetisinya.

“Kita mengenalkan Alpha Mini salah satu iconic robot dari AiCI. Jadi kita mengajarkan programming basic dari dia (AlphaMini). Kita memberi tahu kepada adik-adik kelas 1-3 dan 4-6 itu mempelajari bagaimana tutorial untuk merakit kode blok dari pemograman AlphaMini, dan bagaimana cara pengoperasiannya. Tadi juga setelah melakukan pengoprasian kita melakukan lomba kecil-kecilan. Jadi agar mereka excited dengan pembelajaran yang ada tentang AlphaMini” ucap Ka Izul dan Ka Charnela selaku Tutor siswa sekolah dasar.

Siswa juga merasa senang dengan model pembelajaran yang menarik dan seru. Salah satu siswa sekolah dasar yang mengikuti Fun Learning with AI di AiCI adalah Faqih Naufal Habibi, siswa SDIT Nurul Fikri. Habibie terlihat aktif dan bersemangat dalam belajar AI. Saat ditanya bagaimana belajarnya hari ini, ia mengatakan pelajarannya sangat seru.

“Seru, seru, seru! Belajar Alpha Mini sambil bermain sepak bola” ungkap Habibie.

Untuk informasi ketersediaan kuota kelas dan informasi lainnya, bisa menghubungi Instagram AiCI di @infoaici atau menghubungi (+62) 821 1010 3938.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top