Artificial Intelligence Center Indonesia

AICI Menghadirkan Para CEO Perusahaan di Bidang AI untuk Mahasiswa Studi Independen

AICI Menghadirkan Para CEO Perusahaan di Bidang AI untuk Mahasiswa Studi Independen

Rutin tiap dua minggu sekali di hari Sabtu, program Studi Independent merdeka belajar kemendikbud yang bekerjasama dengan AICI mengadakan kegiatan Expert Learning. Namun berbeda keadaanya pada Sabtu 14 Mei 2022 yang lalu, karena AICI mengadakan kegiatan CEO Talks yang diadakan secara daring melalui Zoom meeting.

CEO Talks adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan dunia Startup di Indonesia yang memanfaatkan AI dalam menjalankan bisnisnya, kegiatan ini diisi langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) perusahaanya. CEO Talks kali ini mengusung tema From AI Research to AI Business.

CEO yang hadir mengisi kegiatan tersebut diantaranya adalah Gatot Wicaksono yang merupakan CEO Jarivis, Ir. Oskar Riandi, M. Sc. CEO Bahasa Kita, dan Alwy Herfian CEO dan Co-Founder Widya Group. Acara yang di moderatori oleh Anang Sujatmiko ini berjalan dengan lancar dan seru diikuti oleh 119 peserta studi Independent.

Kegiatan CEO Talks kali ini adalah pertemuan pembuka untuk mengenalkan CEO dengan mahasiswa yang nantinya akan dibimbing untuk mengerjakan proyek akhir selama masa studi kurang lebih 5 bulan ini. Mahasiswa akan dibagi dalam beberapa kelompok yang majemuk, tidak ada teman satu kampus dalam tiap kelompok. Hal tersebut diharapkan menambah relasi dan hubungan antar mahasiswa yang bisa berlanjut saat selesAI masa studi.

Acara CEO Talks dibuka dengan pengantar dari Ibu Santi selaku Direktur AICI yang menyambut para CEO serta menjembatani mahasiswa dengan pemateri. Ibu Santi juga menjelaskan harapan dan tujuan adanya kegiatan CEO Talks kali ini.

“Dalam bimbingan CEO berpengalaman, diharapkan Proyek akhir mahasiswa bisa dikembangkan lebih jauh lagi, yang awalnya masuk dalam kategori AI Research akan mengarah pada AI Business” katanya

CEO Talks ini diharapkan jadi pemicu semangat inovasi dalam persAIngan dunia kerja nantinya. Mahasiswa mampu menciptakan lapangan pekerjaan dengan kolaborasi satu sama lAIn.

“Bekal semangat berinovasi, mengenal persAIngan, setelah selesAI Studi Independent ini peserta diharapkan bisa membuat lapangan pekerjaannya sendiri berbekal pengalaman dan hasil dari proyek akhir serta ilmu yang sudah di dapat saat masa Studi.” Lanjut ibu Santi.

Kemudian tiap CEO menjelaskan model bisnis perusahaanya masing-masing sekitar 20-30 menit. SelAIn itu, CEO juga menyampAIkan pengalaman mereka selama berkecimpung di dunia AI, jatuh bangunnya, semangatnya, masalahnya, juga dengan solusi menghadapinya.

Kegiatan CEO Talks ditutup dengan diskusi dan tanya jawab dengan mahasiswa studi independent. Mahasiswa sangat antusias bertanya, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk. CEO menjawabnya dengan segudang informasi berharga.

Tertarik mengikuti kegiatan yang ada di AICI? Ayo ikuti sosial media AICI @AIci.official untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top