Artificial Intelligence Center Indonesia

Belajar AI untuk siswa SMA, Siap Hadapi Era Disruptif

Belajar AI untuk siswa SMA, Siap Hadapi Era Disruptif

Fun Learning with AI adalah program yang dibuat Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) yang bertujuan untuk memberikan pelayanan pendidikan AI untuk siswa sekolah dasar hingga menengah atas. Bagi siswa SMA Fun Learning with AI ini penting sekali untuk mengenal dan memahami AI yang akan membuka banyak kesempatan di dunia kerja nantinya.

Belajar AI untuk siswa SMA memang sangat tepat di program Fun Learning with AI ini karena AiCI memiliki fasilitas yang sangat mendukung seperti lima laboratorium, alat/media pembelajaran yang lengkap, tutor yang telah mengikuti pelatihan tersertifikasi, dan modul pembelajaran yang telah dirancang agar proses belajarnya tepat dan cepat.

Fun Learning with AI ini bertempat di Kantor AiCI lebih tepatnya di Lt. 4 Gedung Lab Riset Multidisiplin Pertamina FMIPA UI. Satu minggu sekali sampai satu semester, tiap hari sabtu jam 10:00 WIB persatu sesi pelajaran 90-120 menit. Pada sabtu, 9 April 2022 lalu sudah di mulai Batch 2 Fun Learning with AI, namun tenang saja kesempatan untuk bergabung masih sangat terbuka.

Modul yang digunakan untuk belajar AI siswa SMA ada tiga, yaitu Future Town, Super Engineer, dan Super Designer. Tiap modul memiliki tujuan dan capaian yang berbeda-beda disesuaikan dengan jenjangnya. Dimulai dengan Future Town, pengenalan dan mempelajari dasar-dasar dilanjutkan dengan modul lainnya.

Untuk menunjang pembelajaran agar jauh lebih bermakna dibutuhkan media pembelajaran yang baik dengan jumlah yang sesuai. Fun Learning with AI telah dilengkapi beberapa media pembelajaran yang diperuntukan siswa yang ikut serta, berikut diantaraya Alpha Mini RobotYanshee RobotuKit Explore, Cruzr – untuk kegiatan entertain dan navigasi, JIMU Robot, Alpha 1E Robot, dan masih banyak lagi. Setiap siswa akan difasilitasi satu media pada saat pembelajaran berlangsung.

Pada pertemuan pertama Fun Learning with AI untuk siswa SMA diisi dengan pengenalan Kodular yang dilanjutkan dengan pembuatan aplikasi android sederhana, membuat tombol yang kemudian bisa memunculkan gambar, seperti yang dijelaskan Ka Fitri selaku Tutor SMA.

“pertemuan kali ini mereka masuk bab “Future Town”, disitu kita belajar pembuatan aplikasi android, belajar Kodular. Karena masih awal kita bikin yg simpel dulu. Kita buat tombol yang kalo dipencet itu keluar gambar, tombol yg dipencet ngitung penjumlahan. Jadi yang sederhana aja” Katanya.

Menurut Rafi Hayyan Widayanto dari SMA IT Nurul Fikri kelas 10, salah satu siswa Fun Learning with AI, Tutor yang mendampingi selama proses belajar AI sangat menyenangkan dan menjelaskan materi dengan bahasa yang mudah dimengeri.

“Tutornya menyenangkan, bisa diajak ngobrol, kalo misalkan ngejelasin juga bahasanya mudah dimengerti” Ucap Rafi.

Untuk informasi ketersediaan kuota kelas dan informasi lainnya, bisa menghubungi Instagram AiCI di @aici.official atau menghubungi (+62) 821 1010 3938.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top