Artificial Intelligence Center Indonesia

Belajar AI dan Robotik untuk Anak SD di AiCI

Belajar AI dan Robotik untuk Anak SD di AiCI

Perkembangan Teknologi yang begitu cepat menuntut manusia untuk bisa beradaptasi dengan kemajuan zaman. Sekarang kita bisa memerintahkan sistem untuk melakukan sesuatu bahkan melalui suara. Sistem akan mengerjakan persis seperti yang diinginkan tanpa ada rasa lelah dan malas. Teknologi yang digunakan adalah voice recognition yang ada di google assistant dan siri.

Teknologi semacam itu menggabungkan banyak disiplin ilmu menjadi satu yang bisa kita sebut dengan Artificial Intelligence (AI).

Dengan semangat terhadap dedikasi pendidikan terutama di bidang perkembangan teknologi, Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) membuka kelas pelatihan AI untuk siswa SD sampai SMA yang bernama Fun Learning with AI.

AiCI memberikan kesempatan untuk siswa Sekolah Dasar (SD) untuk belajar AI ditemani Tutor dari Universitas Indonesia selama 90 – 120 menit per sesi dilaksanakan seminggu sekali.

Belajar AI di AiCI akan ditunjang dengan media pembelajaran yang beragam dan AiCI memiliki banyak robot yang bisa digunakan oleh siswa yang mengikuti Fun Learning with AI diantaranya adalah Robot Cruzr, Alpha Mini, Yanshee, Jimu, Ukit dan lain-lain.

Lokasi belajar sangat kondusif yang berada di dalam Universitas Indonesia lebih tepatnya di lingkungan FMIPA, Gd. Laboratorium Riset Multidisiplin Pertamina Lt. 4.

AiCI mempunyai modul pembelajaran yang telah disusun sesuai dengan jenjang pendidikan di sekolah formal dan divalidasi oleh FMIPA UI. Selama pelatihan peserta akan mendapatkan modul pembelajaran, modul evaluasi, akses internet, dan sertifikat.

Berikut tingkatkan modul pembelajaran AI dan robotik pada jenjang SD

1. Fantasy Zoo 

Pada modul ini siswa akan belajar robotik dan pemrograman dengan tema berbagai bentuk hewan, misalnya jerapah, gajah, dan lain-lain.

Modul Ini disarankan untuk siswa kelas 1-3 SD. Aplikasi yang digunakan adalah uKit Edu (mobile phone/tablet).

2. Smart Life 

Modul ini mirip dengan Fantasy Zoo namun dengan level lebih sulit karena level codingnya pun sedikit lebih expert. Tema dari modul ini adalah peralatan yang ada di sekitar/kehidupan sehari-hari.

Siswa kelas 4-6 dan yang sudah lulus Fantasy Zoo disarankan untuk mengambil modul ini. Aplikasi yang digunakan selama pembelajaran adalah Kit Edu (mobile phone/tablet).

3. Super Assistant

Pada modul Super Assistant ini siswa akan belajar tentang robot pintar Alpha Mini dan penerapan artificial intelligence nya yang bisa digunakan sebagai personal assistant sehingga memberikan kemudahan bagi manusia.

Siswa kelas 5-6 dan yang sudah lulus Smart Life bisa mengambil modul ini. Aplikasi yang digunakan adalah uKit Edu, Alphamini (mobile phone/tablet), dan uCode (PC).

Modul-modul diatas sudah disusun berjenjang sesuai dengan kelas di sekolah. Namun penerapannya tidak kaku, bila siswa ternyata sudah punya basic tentang robotik dan coding maka akan disesuaikan dengan kemampuannya begitu juga sebaliknya. Tutor kami akan memantau perkembangan siswa di kelas dan memberikan yang terbaik untuk kemajuan belajar siswa.

 

Konsultasi ketersediaan kelas bisa hubungi kami melalui (+62) 821 1010 3938.

Follow Instagram dan Tiktok kami @aici.official untuk update berita terbaru seputar artificial intelligence (AI) dan dunia teknologi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top