Artificial Intelligence Center Indonesia

AI Workshop Hadir di Intelligentsia Nurul Ilmi Secondary School Bekasi

AI Workshop Hadir di Intelligentsia Nurul Ilmi Secondary School Bekasi

AI Workshop adalah kegiatan yang pelatihan artificial Intelligence dalam waktu singkat dan mendapatkan hasil yang maksimal karena berbasis proyek dari para peserta. Dengan adanya kegiatan ini peserta mampu menerapkan apa itu artificial intelligence mulai dari aspek yang paling sederhana yaitu dari kehidupan sehari-hari.

Kegiatan AI Workshop kali ini hadir di SD dan SMP Intelligentsia Nurul Ilmi Secondary School (INISS) Bekasi pada 10 September 2022, diikuti oleh seluruh siswa-siswi dengan sangat antusias.

Kegiatan dimulai jam 09.00 untuk siswa SD di hall utama INISS dibuka dengan pemberian materi tentang artificial intelligence (AI) sebagai pondasi awal untuk kegiatan selanjutnya. Peserta masih didampingi oleh orang tuanya mengikuti kegiatan dengan tertib.

Sebelum dimulai penjelasan mengenai AI dan perkembangannya, peserta diberikan suguhan penampilan flashmob dari robot Alpha 1 E. Alpha 1 E diatur agar bergerak sesuai dengan lagunya dan hal itu berhasil membuat semuanya terhibur tergambar dari senyuman antusias dari para peserta.

Kemudian peserta diarahkan untuk menuju ruangan kelas dan melakukan kegiatan merakit robot Ukit didampingi oleh Tutor AiCI dari Universitas Indonesia.

Peserta diberikan pengetahuan dasar untuk menggunakan Ukit dan Aplikasi Ukit Edu untuk melihat modul dan mengatur robot Ukit seperti yang kita inginkan.

Kemudian peserta membuat model robot yang sudah disesuaikan dengan kemampuan siswa SD. Beberapa diantaranya kesulitan dan Tutor dengan sigap membantu menjelaskan miskonsepsi yang terjadi.

Peserta sangat menikmati tahap demi tahap yang mereka lakukan untuk membuat robot yang keren. AiCI memfasilitasi modul yang lengkap dan jenjang ilmu AI yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.

Setelah semuanya selesai merakit robot dengan kerja kerasnya mereka berhasil membuat Ukit yang keren dan sukses menggerakkan robotnya secara otomatis melalui aplikasi.

Tentu saja sebelumnya sudah diberikan informasi dasar tentang bagaimana cara menggunakan dan cara kerja aplikasi tersebut. Mereka mampu belajar banyak hal dengan perasaan yang senang seperti sedang bermain-main.

Kegiatan untuk siswa SD telah selesai pada jam 10.30 dilanjutkan dengan kegiatan untuk siswa SMP INISS. Kegiatan dibuka sama seperti kegiatan siswa SD kemudian siswa SMP diarahkan ke ruang kelas untuk berkenalan dengan robot Alpha Mini. Peserta berkelompok dan masing-masing mendapatkan satu robot untuk testing apa yang akan diajarkan oleh Tutor.

Pengenalan Alpha Mini meliputi kemampuan apa saja yang bisa dilakukan, cara mengaktifkan mode coding, memulai coding, dan eksplorasi kreativitas melalui coding dan programing.

Peserta diberi waktu untuk melakukan setiap demo yang dilakukan oleh Tutor agar mirip dan berhasil.

Peserta diminta untuk mencoba fitur selfie yang ada di robot Alpha Mini dan mereka terlihat senang sekali setelah melakukan itu. Tak cukup hanya sekali, foto diambil lebih dari 3x setiap kelompoknya.

Di Akhir sesi ini, peserta diberikan waktu untuk mengkreasikan coding yang ada di robot Alpha mini untuk bergerak sesuai dengan yang mereka inginkan.

Hasilnya keren dan semuanya hebat, mereka ternyata berhasil menerapkan apa yang telah diajarkan pada saat pengenalan di awal. Peserta melakukan presentasi apa yang mereka rancang dalam codingan robot Alpha Mini.

AI Workshop sudah bisa di adakan di sekolah – sekolah loh AI Enthusiast!. Sekolah kalian mau didatangi AiCI juga? Hubungi (+62) 821 1010 3938 atau bisa melalui instagram kami @aici.official untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top