Artificial Intelligence Center Indonesia

AiCI Menjadi Bagian dari Ekstrakurikuler SMP dan SMA Nurul Fikri Depok

AiCI Menjadi Bagian dari Ekstrakurikuler SMP dan SMA Nurul Fikri Depok

Kebutuhan akan penguasaan teknologi semakin hari semakin penting. Teknologi yang sedang berkembang saat ini salah satunya adalah Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan artifisial. Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) membuka kesempatan siapa pun untuk mengenal, belajar dan menguasai AI.

Pada hari Kamis, 22 Juli 2022, AiCI berkesempatan mengunjungi SMA dan SMP Nurul Fikri Depok untuk melakukan demo Ekstrakurikuler di sana. Kegiatan Ekstrakurikuler tersebut menjadi bagian dari kerja sama AiCI dengan sekolah-sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan cara mengenalkan dan membekali ilmu AI kepada siswa-siswi.

Dalam demo Ekstrakurikuler tersebut, AiCI mempresentasikan Ai secara umum kepada siswa-siswi, kemudian dilanjutkan dengan penampilan beberapa robot yang telah disiapkan. Dimulai dengan flashmob robot Alpha 1E diiringi dengan lagu yang sesuai gerakannya. Sebanyak 6 robot bergerak bersamaan mengikuti tempo lagu yang dikendalikan melalui aplikasi yang sudah diisi program.

Selanjutnya giliran robot Alpha Mini yang “unjuk gigi” di hadapan siswa-siswi SMA dan SMP Nurul Fikri. Robot Alpha Mini bergerak sesuai program yang telah disiapkan, mulai dari gerakan bela diri, pushup, sampai dance dengan lagu yang upbeat. Penampilan dari Robot Alpha Mini tersebut sukses membuat kagum 250 siswa SMP dan 190 siswa SMA. Mereka terlihat sangat tertarik untuk belajar dan terlibat langsung dalam perkembangan di dunia AI.

Kegiatan demo Ekstrakurikuler dilanjutkan dengan penampilan dari robot Ukit. Robot yang satu ini memang unik, terbuat dari bagian-bagian seperti lego yang disusun sedemikian rupa sampai menjadi bentuk robot untuk kemudian diisi program agar bisa bergerak dan berjalan.

Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler AI akan dibimbing langsung oleh tutor berpengalaman dari Universitas Indonesia. Setiap siswa juga akan diberikan fasilitas media pembelajaran berupa berbagai jenis robot dan modul pembelajaran. Setiap sesi pembelajaran berlangsung 90 – 120 menit.

Kegiatan kali ini ditutup dengan flashmob terakhir dari robot Alpha 1E dengan lagu terkini. Gerakan demi gerakan selesai, begitu juga dengan kegiatan demo Ekstrakurikuler AI di SMA dan SMP Nurul Fikri Depok.

AiCI sangat terbuka untuk menjadi bagian dari Ekstrakurikuler di sekolah-sekolah. Segala bentuk kerja sama dengan AiCI bisa melalui Instagram AiCI di @aici.official atau menghubungi (+62) 821 1010 3938.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top