Artificial Intelligence Center Indonesia

AiCI memfasilitasi Pelatihan AI untuk guru di Sekolah Triguna Utama

AiCI memfasilitasi Pelatihan AI untuk guru di Sekolah Triguna Utama

AiCI memberikan pelatihan AI kepada guru-guru dalam kegiatan In House Training (IHT) Bidang Kompetensi Pedagogi Guru. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama Yayasan Perguruan Triguna Utama Syarif Hidayatullah dengan AiCI bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar melalui AI.

Kegiatan berlangsung di Aula Sekolah Triguna Utama, Tangerang Selatan dari jam 14.00 sampai dengan jam 17.00 pada hari Selasa, 6 Juli 2022. Guru-guru diberikan bekal awal melalui presentasi oleh AiCI tentang AI dan penerapannya di segala bidang serta membantu meningkatkan kompetensi guru terkait teknologi pendidikan dengan AI.

Selanjutnya guru diajak untuk mengeluarkan kreativitasnya untuk menyusun robot Ukit yang telah AiCI siapkan. Lebih dari 30 orang guru ikut serta kegiatan pelatihan AI ini, dan salah satunya adalah Nirachmat, seorang guru SMK Triguna Utama Syarif Hidayatullah.

Menurutnya, kegiatan pelatihan AI ini sangat diperlukan guru untuk meningkatkan kreativitas dan semangat belajar juga bisa disalurkan kepada siswa-siswi agar bisa mengembangkan dirinya kelak.

“menurut saya guru-guru perlu diajarkan tentang materi ini karena ini akan mampu membangkitkan kreativitas dan semangat belajar khususnya bagi guru maupun siswa untuk mengembangkan diri mereka ke depannya terutama di bidang Artificial Intelligence.” Ujarnya.

Nirachmat juga berpendapat bahwa keadaan saat ini sudah memasuki era Society 5.0, penggunaan dan penerapan AI sudah perlu digalakkan di lingkungan pendidikan khususnya di Kurikulum Merdeka.

“AI ini sudah bukan hal yang baru lagi, sekarang sudah era Society 5.0, saya rasa perlu semua di lingkungan pendidikan khususnya di Kurikulum Merdeka ini perlu dihadirkan materi-materi yang berkaitan dengan AI.” Sambungnya.

Di Akhir sesi kegiatan, guru-guru bersaing dalam perlombaan adu cepat dengan menggunakan robot hasil rakitannya masing-masing lengkap dengan programingnya. Perlombaan berlangsung semarak, beberapa robot sesuai dengan instruksi dan keinginan sang pembuat, namun ada juga robot yang bergerak tak tentu arah. Hal tersebut menimbulkan kemeriahan tersendiri dalam sesi pelatihan AI untuk guru-guru di Sekolah Triguna Utama ini.

AiCI membuka kesempatan bagi sekolah-sekolah bila ingin menjalin kerja sama dalam bidang apa pun. segala bentuk kerja sama bisa menghubungi (+62) 821 1010 3938 atau melalui Instagram AiCI di @aici.official

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top