Artificial Intelligence Center Indonesia

Fun Learning with AI: Anak Mahir AI, Orang Tua Happy

Fun Learning with AI: Anak Mahir AI, Orang Tua Happy

Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) membuat sebuah gerakan dalam bidang pendidikan untuk membantu generasi emas Indonesia mempelajari dan menguasai ilmu Artificial Intelligence atau kecerdasan artifisial. Manfaat dari ilmu Artificial Intelligence ini luas sekali, bisa diterapkan di segala bidang dan membantu manusia untuk bekerja secara cepat, tepat dan efektif.

Fun Learning with AI adalah Kegiatan belajar Artificial Intelligence yang dirancang khusus untuk siswa-siswi di Indonesia/jabodetabek yang berkeinginan mempelajari kecerdasan artifisial mulai dari dasarnya. Kegiatan Fun Learning with AI terbuka untuk siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK dengan modul pembelajaran sesuai tingkatannya.

Tim Tutor Departemen Fisika UI dipercaya untuk mengajarkan siswa di kegiatan Fun Learning with AI sesuai modul yang telah dirancang, dengan pendekatan yang baik dan penyampaian materi dengan bahasa yang mudah dipahami. Satu tutor disiapkan untuk maksimal 10 orang siswa, agar memastikan setiap siswa mampu memahami materi dan tutor mudah dalam mengkoordinir kelas.

Fun Learning with AI ini diselenggarakan di kantor AiCI yaitu di Lt. 4 Gd. Lab Riset Multidisiplin Pertamina FMIPA UI. Waktu pelaksanaannya pada hari Sabtu selama satu semester, dengan waktu belajar 90-120 menit per satu sesi.

Modul yang disiapkan tiap tingkat berbeda-beda, diantaranya adalah AI Fantasi Zoo untuk kelas 1-3 SD/MI, AI Smart Life untuk kelas 4-6 SD/MI, AI Transformer Workshop dan Magic World untuk SMP/MTs, serta AI Future Town, Super Engineer, dan Super Designer untuk SMA/MA.

Setiap siswa akan difasilitasi dengan satu alat atau media pembelajaran tiap pertemuan agar bisa fokus tanpa harus berebut. Media pembelajaran yang dimiliki AiCI sangat beragam, diantaranya adalah Alpha Mini Robot untuk Tingkat SD/ MI, SMP/ MTs, dan SMA/ MA/ SMK, Yanshee Robot untuk Tingkat SMA/ MA/ SMK dan Perguruan Tinggi, uKit Explore untuk Tingkat SD/ MI, SMP/ MTs, dan SMA/ MA/ SMK, Cruzr untuk kegiatan entertain dan navigasi, JIMU Robot untuk Tingkat SD/ MI, SMP/ MTs, dan SMA/ MA/ SMK, serta Alpha 1E Robot untuk Kegiatan Entertain dan Flashmob.

saat ini sedang berjalan Fun Learning with AI Batch 2 dengan jumlah peserta 23 orang untuk semua tingkatan yang datang dari berbagai sekolah di Jabodetabek.

Irun Rahman, Orang tua wali Fahira Azalea Rahman siswa Fun Learning with AI kelas X dari SMA IT Nurul Fikri Depok, berpendapat bahwa AI adalah masa depan, kesadaran untuk mempelajarinya harus tumbuh sejak usia dini. Ia berharap, di masa depan putrinya bisa adaptasi dengan tantangan zaman dan mampu menjadi creator disaat yang lain masih menjadi user.

“Alasan utama saya, agar anak bisa mengenal Artificial Intelligence. Karena kita tahu bersama, bahwa Artificial Intelligence itu adalah future. Agar kita bisa mengikuti keadaan di masa depan, kita harus mengenalkan anak sejak dini dengan Artificial Intelligence. Harapannya, di masa depan anak saya tidak hanya menjadi user (pengguna) tetapi juga bisa menjadi creator (pembuat) yang mampu memanfaatkan AI dalam pekerjaannya” ucapnya.

Sependapat dengan Irun, Fairisa, orang tua dari Salma Mazaya Sakhi kelas 6 SD IT Nurul Fikri mengatakan bahwa setelah mengikuti Fun Learning with AI pola pikir anaknya menjadi lebih terstruktur, lebih sabar dan teliti dalam mengerjakan sesuatu.

“Banyak sekali manfaatnya, terutama untuk anak saya yang dalam masa perkembangan, fokusnya masih sering terganggu, dengan mengikuti kegiatan Fun Learning with AI akan membuat anak saya menjadi lebih fokus, lebih terstruktur gaya berpikirnya karena disini dilatih untuk membuat benda yang tak berarti menjadi bergerak, berarti dan bernilai dengan pengaplikasian AI. Juga banyak perubahan, dia bisa lebih sabar dan lebih teliti, karena disini dilatih dalam mengerjakan sesuatu harus teliti dan terstruktur tahapa demi tahapnya.” Ungkapnya.

Untuk informasi ketersediaan kuota kelas dan informasi lainnya, bisa menghubungi Instagram AiCI di @infoaici atau menghubungi (+62) 821 1010 3938.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top