Artificial Intelligence Center Indonesia

Digital Intelligent Assistant MRT, Fasilitas Digital Cerdas yang Ramah Disabilitas

Digital Intelligent Assistant MRT, Fasilitas Digital Cerdas yang Ramah Disabilitas

Digital Intelligent Assistant (DINA) adalah fasilitas layanan digital yang diciptakan untuk menunjang kenyamanan pada saat menggunakan MRT Jakarta dan fasilitas ini dapat digunakan seluruh pengguna MRT serta ramah disabilitas. Pemprov DKI bersama PT MRT meresmikan DINA pada Jumat, 3 Desember 2021.

DINA dapat memberikan sejumlah informasi terkait jadwal keberangkatan, petunjuk arah & lokasi, laporan atau keluhan, serta bantuan kehadiran petugas. Layanan DINA baru diterapkan di tiga negara yaitu Amerika, Hongkong, dan Kanada.

Gubernur DKI Jakarta menyatakan bahwa dengan adanya perkembangan dan pengaplikasian teknologi seperti layanan DINA ini akan sangat membantu masyarakat penyandang disabilitas untuk bisa kemana saja dengan nyaman.

“Fasilitas ini (DINA) menjadi penanda bahwa masyarakat penyandang disabilitas bisa ke mana saja. Jika memperoleh dukungan pelayanan, mereka akan bisa mendapatkannya melalui DINA ini,” kata Anies dalam keterangan tertulis.

DINA memfasilitasi komunikasi dua arah yang menghubungkan pengguna dengan petugas di Stasiun MRT dalam bentuk teks, audio maupun visual. Fitur teks dapat digunakan untuk membantu penyandang tunarungu dan fitur call braille (audio) dapat digunakan untuk membantu penyandang tunanetra.

Melalui penerapan teknologi yang tetap tentu akan mempengaruhi kehidupan banyak orang, tidak hanya penyandang disabilitas, bahkan lansia, anak-anak dan perempuan pun ikut terbantu.

“Fasilitas tersebut dapat menjangkau seluruh unsur masyarakat penyandang disabilitas. Mulai dari penyandang disabilitas, lansia, anak-anak dan perempuan. Tutup Anies.

Semakin banyak penerapan teknologi untuk membantu manusia menjalani kehidupan. Teknologi yang akan banyak digunakan di masa depan adalah kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Bila AI diterapkan lebih masif lagi maka akan semakin banyak masyarakat yang akan terbantu.

Tertarik buat belajar AI? bahkan AI bisa dipelajari sejak dini loh! Hubungi  (+62) 821 1010 3938 atau melalui instagram kami @aici.official untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top