Artificial Intelligence Center Indonesia

Workshop Ai dan Robotik untuk Guru dan Praktisi Pendidikan Kolaborasi AiCi dengan BRIN di InaRI Expo 2022

Workshop Ai dan Robotik untuk Guru dan Praktisi Pendidikan Kolaborasi AiCi dengan BRIN di InaRI Expo 2022

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengadakan Indonesia Research and Innovation Expo atau InaRI Expo 2022 di Gedung ICC, Cibinong Science Center, Bogor, Jawa Barat. Acara tersebut berlangsung mulai dari 27 – 30 Oktober 2022.

AiCI ikut serta mengisi booth pameran di InaRI Expo 2022 membawa berbagai jenis robot yang biasa digunakan untuk siswa belajar. Robot Alpha 1E, Alpha Mini, Ukit, Jimu, dan Robot Cruzr berhasil mencuri perhatian pengunjung yang datang.

Setiap hari booth AiCI tak pernah sepi, selalu didatangi oleh anak-anak dan orang tua karena tertarik melihat robot yang AiCI bawa. Pengunjung juga bisa mencoba untuk mengoperasikan beberapa robot seperti Robot Jimu yang digunakan untuk belajar sambil bermain.

Pada tanggal 29 Oktober, AiCI berkolaborasi dengan Pusat Riset Pendidikan mengadakan Workshop AI dan robotik untuk pendidikan yang diikuti oleh berbagai kalangan seperti dosen, mahasiswa, pelajar, guru, dan praktisi pendidikan se-Jabodetabek berjumlah 200 peserta.

Acara pelatihan Ai dan robotik dibuka oleh Kepala OR IPSH, Prof. Ahmad Najib Burhani, ia menyampaikan bahwa acara pelatihan ini dapat memberi manfaat bagi dunia pendidikan.

“Kami menyambut baik atas inisiatif Pusat Riset Pendidikan untuk bekerja sama dengan AICI (Artificial Intelligence Center Indonesia) Universitas Indonesia dalam penyelenggaraan Workshop Robotika dan Artificial Intelligence pada rangkaian InaRI Expo ini sehingga dapat memberikan manfaat besar bagi kehidupan kita khususnya pada bidang pendidikan”, kata Prof. Ahmad Najib Burhani.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Pusat Riset Pendidikan BRIN, Dr. Trina Fizzanty, ia mengatakan bahwa pendidikan di bidang robotik sama AI itu perlu menjadi bagian dari kegiatan di sekolah.

“Saat ini memang belum ada kurikulumnya, tetapi kita mulai memberikan ruang misalnya melalui kegiatan-kegiatan di sekolah dalam bentuk ekstrakurikuler sambil menumbuhkan nilai kebersamaan, ketelitian, keseriusan, dan kesabaran”, Ucapnya..

Saat pembukaan, AiCI menampilkan Flashmob robot Alpha 1E disaksikan oleh peserta dan disambut dengan tepuk tangan meriah. Enam robot alpha 1E dicoding untuk bergerak bersamaan mengikuti alunan musik yang telah disesuaikan.

Kemudian peserta dibagi dalam kelompok, lalu Tutor memberikan arahan terkait Ukit dan aplikasinya sebagai media pembelajaran yang digunakan pada pelatihan kali ini.

Robot yang peserta buat pada workshop ini adalah robot tipe humanoid. Robot Humanoid adalah jenis robot yang bentuk dan cara kerjanya seperti manusia, dapat bergerak karena memiliki kaki dan tangan.

Setelah robot selesai dirakit lengkap dengan kabel dan sensor penunjangnya maka robot siap untuk daicoding secara sederhana. Tujuan utama coding pada robot adalah agar robot bisa berjalan otomatis sesuai dengan keinginan pembuatnya. Robot dari masing-masing kelompok akan mengikuti mini competition untuk melihat robot mana yang bisa berjalan lebih cepat atau bertahan lebih lama dari robot yang lainnya.

AiCI membuka kelas reguler belajar AI dan Robotik untuk siswa SD, SMP, dan SMA di Gd. Laboratorium Riset Multidisiplin Pertamina FMIPA UI Lt. 4.

Informasi ketersediaan kelas bisa hubungi kami melalui (+62) 821 1010 3938. Follow Instagram dan Tiktok kami @aici.official untuk update berita terbaru seputar artificial intelligence (AI) dan dunia teknologi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top