Artificial Intelligence Center Indonesia

Mengoptimalkan Potensi AI dalam Kelas BonCabe Class

Inovasi Pembelajaran: Mengoptimalkan Potensi AI dalam Kelas BonCabe Class

Pada Sabtu, 24 Juni 2023, AiCI diundang menjadi narasumber dalam BonCabe Class dengan tema “Gali Potensi Belajar Teknologi AI” yang di wakili oleh Dr. Baiq Hana Susanti, M.Sc yang menjabat sebagai Wakil Direktur Artificial Intelligence Center Indonesia.

BonCabe Class ini dibuka untuk umum dan disiarkan langsung di akun sosial media BonCabe. Dalam kelas ini Ibu Santi menyampaikan bahwa kita semua pada masa sekarang ini sudah tidak asing lagi dengan yang namanya AI. Tapi, apakah kita sudah memahami apa arti dari AI atau Artificial Intelligence itu sendiri?

Artificial Intelligence (AI ) adalah pengembangan dari komputer sistem yang memiliki kecerdasan buatan layaknya manusia. Kemudian Ia menjelaskan juga mengenai macam-macam AI yang dibagi menjadi dua macam yaitu Weak AI dan Strong AI. Selain itu Ia juga memberikan contoh AI yang sudah sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti Chatbot, Language Translation, Purchase Recommendaation, Personal Assistants, dan Facial Recognition.

Selanjutnya Ibu Santi juga menjelaskan dampak teknologi AI pada berbagai aspek kehidupan mulai dari pendidikan, entertainment, ekonomi, dan manufaktur yang mulai dikuasi oleh AI. Namun, terlepas dari semua kemajuan teknologi yang ada pada era sekarang ternyata juga membuka peluang kerja baru bagi para jobseeker. Maka dari itu, kita sebagai pekerja harus mulai mempelajari AI agar tidak tertinggal.

AiCI sendiri sebagai lembaga yang didirikan atas kerjasama FMIPA Universitas Indonesia dengan UMG Idea Lab Indonesia memiliki tujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam bidang artificial intelligence sedini mungkin mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Harapannya dengan adanya AiCI ini kedepannya para generasi muda dapat beradaptasi dengan cepat jika nantinya akan terjadi perubahan revolusi industri lagi.

Selain AiCI Ibu Santi juga memperkenalkan beberapa Start Up dibawah naungan UMG Idea Lab yang berjumlah lebih dari 40 Start Up dalam berbagai bidang diantaranya adalah Arutala, Primeskills, BahasaKita, CROWDE, Fistx, Flick, Jari, Jari Visibility, Autoconz, Biotech, Frogs Indonesia, Frogs Solusi Indonesia, Java United Services, MSMB, Widya Immersive, Widya Herbal, Widya Life Science, INAGI, Legalku, Botika, Bukku, Sociabuzz, Momochips, Tado, dan Moodco.

Dari berbagai manfaat dan kemajuan yang ditimbulkan oleh adanya AI tidak terlepas dari dampak buruk dan bahaya yang disebabkannya seperti adanya Bias pada AI, Autonomous weapons, Hilangnya lapangan pekerjaan, dan Pelanggaran privasi.“Oleh karena itu kita sebagai manusia yang memiliki karakter harus memanfaatkan AI dengan bijaksana” Tutur Ibu Santi dalam BonCabe Class.

Tertarik dengan berita AI lainnya? Kunjungi sosial media kami di @aici.official.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top