Artificial Intelligence Center Indonesia

Kolaborasi Departemen Fisika UI dan AiCI dalam Mengangkat Literasi Teknologi di Kabupaten Sukabumi

Kolaborasi Departemen Fisika UI dan AiCI dalam Mengangkat Literasi Teknologi di Kabupaten Sukabumi

Pengabdian masyarakat oleh jajaran Dosen Departemen Fisika UI berkolaborasi dengan AiCI telah selesai dilaksanakan. kegiatan dibuka dengan robot performance dari Alpha 1 E yang memukau peserta.

Program pengabdian masyarakat kali ini berupa pelatihan guru-guru yang terlaksana pada Jumat 13 Oktober 2023, mulai dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Tujuan utama dari kolaborasi ini adalah memberikan pelatihan AI dan robotik kepada pendidik di Kabupaten Sukabumi agar mereka dapat lebih baik memahami dan mengajar konsep-konsep teknologi ini kepada siswa-siswi mereka.

Melalui kolaborasi yang kuat antara akademisi dan praktisi di bidang AI dan robotik, Departemen Fisika UI dan AiCI menunjukkan komitmen mereka dalam membantu masyarakat untuk tetap relevan dalam dunia teknologi yang terus berubah. Dengan mengejar tujuan ini, mereka membawa pembaruan signifikan dalam pendidikan di Kabupaten Sukabumi dan berkontribusi pada peningkatan literasi teknologi yang akan membekali generasi muda dengan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk masa depan yang semakin terkoneksi.

Pengabdian masyarakat kali ini berlokasi di SMA Negeri 1 Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, yang diikuti oleh 45 guru SMA Seperti yang diucapkan Budi Kurniawan salah satu Dosen Departemen Fisika UI “Kegiatan ini melibatkan sekitar 45 peserta guru yang dibagi menjadi sekitar 10 kelompok. Dengan upaya untuk meningkatkan kapasitas guru, yang merupakan tujuan dari tim dosen dan kami sendiri, yaitu untuk memperbaiki kemampuan mengajar para pendidik.

Selanjutnya kegiatan yang dilakukan adalah pengenalan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan praktiknya oleh AiCI kepada para guru. Kegiatan ini berlangsung sangat menyenangkan dan penuh semngat, karena peserta diajak untuk merakit robot U-kit Edu yang telah disiapkan sebelumnya oleh AiCI. Para guru bekerja cepat dan teliti dalam merakit komponen-komponen U-kit menjadi robtot yang dilengkapi dengan program agar robot dapat begerak

Kegiatan diakhiri dengan perlombaan adu kecepatan robot yang telah dibuat oleh para guru. lomba ini menjadi hiburan yang sangat dinantikan oleh peserta.

Peserta dalam program pengabdian masyarakat merasa gembira dengan pengetahuan baru yang mereka peroleh dan akan meningkatkan kemampuan mereka sebagai pendidik dan akan diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top