Artificial Intelligence Center Indonesia

AiCI Bersama Abak Academy Menyelenggarakan Kompetisi AI dan Robotik KoSSMI 2024

AiCI Bersama Abak Academy Menyelenggarakan Kompetisi AI dan Robotik KoSSMI 2024

Era Revolusi Industri 4.0, didorong oleh pemanfaatan internet, big data, dan kecerdasan buatan, menciptakan disrupsi signifikan di berbagai aspek kehidupan dan lapangan pekerjaan, menghasilkan perubahan mendasar yang terasa secara luas. Sebagai respons terhadap Revolusi Industri 4.0, masyarakat modern Society 5.0 berupaya menekankan nilai-nilai kemanusiaan sebagai pusat perkembangan teknologi. Ini menjamin keselarasan antara kemajuan teknologi dan peradaban manusia.

Dalam menghadapi era modern, pelajar perlu menguasai dasar pemanfaatan teknologi secara efektif, mengembangkan kreativitas, imajinasi, serta kemampuan pemecahan masalah melalui pemikiran kritis dan logis. Meskipun teknologi terus canggih, peran manusia tetap relevan di masa depan.

Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) dan Abak Academy menyelenggarakan Kompetisi AI dan Robotik pada Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) 2024. Ajang ini selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Kompetisi robotik dan kecerdasan buatan memberikan siswa wadah untuk mengekspresikan kreativitas, melatih kemampuan interpersonal, dan mengasah kemampuan pemecahan masalah. Ini mencerminkan persiapan untuk masa depan yang menuntut pemikiran kreatif, melihat tantangan sebagai peluang, dan mempertahankan hubungan antar manusia dengan mengedepankan kebaikan bersama, sesuai dengan prinsip-prinsip Society 5.0

Terdapat 4 (empat) level kompetisi pada bidang AI dan Robotik. Level 2 untuk peserta didik SD/MI Kelas 3-4, Level 3 untuk peserta didik SD/MI Kelas 5-6, Level 4 untuk peserta didik SMP/MTs Kelas 7-9, Level 5 untuk peserta didik SMA/MA Kelas 10-12. Kompetisi AI dan Robotik mengangkat tema Beyond Future. Melalui tema ini diharapkan dapat berpikir luas dan lebih maju ke depan dengan ide-ide yang kreatif dan segar melalui kegiatan kompetisi yang menyenangkan.

Kompetisi AI dan Robotik dilaksanakan dalam 2 tahapan seleksi yaitu, Penyisihan dan Final. Babak Penyisihan bertema Indonesian Future Tech Inventor, diikuti oleh peserta yang mendaftar sesuai level. Satu tim terdiri dari 1-2 peserta yang berasal dari satu sekolah. Satu sekolah hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal  2 tim/level. Pada Babak Penyisihan Peserta tingkat SD/MI wajib mengunggah form spesifikasi robot dan mempresentasikannya melalui video yang dikirim ke panitia.Babak Penyisihan Peserta tingkat SMP/ MTs, dan SMA/ MA wajib mengunggah form spesifikasi robot dan mempresentasikannya secara online serta melakukan proses tanya jawab dengan waktu keseluruhan 20 menit. Berdasarkan nilai pada babak penyisihan, 16 tim akan terpilih untuk mengikuti babak final offline. Babak Final bertema World’s Future Tech Pioneers.

Peserta dapat mendaftar secara online melalui link bit.ly/daftarkossmi2024. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kompetisi AI dan Robotik bisa menghubungi Akun Instagram AiCI di @aici.official atau menghubungi nomor WhatsApp +62 877-8240-3346 (Kak Ilu) dan +62 857-5452-4310 (Kak Dery).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top