Artificial Intelligence Center Indonesia

google gemma

Google Rilis Model AI Terbuka ‘Gemma’: Peluang Baru untuk Pengembangan AI

Google telah merilis model kecerdasan buatan (AI) terbuka bernama Gemma, yang merupakan hasil pengembangan dari Google DeepMind dan tim lainnya di Google. Gemma merupakan keluarga model terbuka yang ringan dan canggih, terinspirasi oleh model Gemini sebelumnya.

Model Gemma hadir dalam dua ukuran: Gemma 2B dan Gemma 7B. Keduanya dilengkapi dengan varian yang telah dilatih sebelumnya dan dapat disesuaikan dengan instruksi, serta cukup ringan untuk dijalankan langsung di laptop atau komputer desktop pengembang. Untuk memastikan penggunaan yang bertanggung jawab, Google juga telah menyediakan Toolkit Generative AI Bertanggung Jawab yang baru. Toolkit ini memberikan panduan dan alat penting untuk menciptakan aplikasi AI yang lebih aman dengan Gemma.

Meskipun Gemma 2B dan 7B menawarkan keunggulan, terdapat keterbatasan terutama dalam hal dukungan bahasa. Saat ini, kedua model hanya mendukung bahasa Inggris. Namun, Google telah mengindikasikan rencananya untuk mengembangkan kemampuan Gemma agar mendukung bahasa asing lainnya.

Perusahaan dan pengembang independen dapat memanfaatkan Gemma untuk menciptakan aplikasi-aplikasi yang didukung AI, terutama jika tidak ada model terbuka yang tersedia saat ini yang cukup kuat untuk membangun aplikasi yang mereka inginkan. Google memiliki rencana untuk memperkenalkan lebih banyak varian Gemma di masa depan untuk aplikasi yang lebih beragam. Namun, mereka yang ingin mulai bekerja dengan model tersebut sekarang dapat mengaksesnya melalui platform ilmu data Kaggle, Collab notebooks milik perusahaan, atau melalui Google Cloud.

Melalui peluncuran Gemma, Google berharap untuk memperluas keluarga model Gemma untuk berbagai aplikasi. Mereka juga berjanji untuk menyelenggarakan berbagai acara dan kesempatan dalam beberapa minggu mendatang untuk terhubung, belajar, dan berkolaborasi dengan Gemma. Dengan Gemma, Google membuka peluang baru bagi pengembang dan peneliti untuk mengembangkan AI dengan bertanggung jawab, memberikan akses ke teknologi canggih, dan mendukung kolaborasi di seluruh komunitas AI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ¬Ľ
Scroll to Top