Artificial Intelligence Center Indonesia

Ai Day di AiCI: Belajar Ai dan Bermain dengan Robot Sehari Penuh

Ai Day di AiCI: Belajar Ai dan Bermain dengan Robot Sehari Penuh

Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) mengadakan kegiatan Ai Day di Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin Pertamina, FMIPA UI Lantai 4, Universitas Indonesia, Depok. AiCI mengadakan Ai Days bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siapapun untuk belajar tentang Artificial Intelligence (Ai) selama sehari penuh. Kegiatan ini dilaksanakan pada 11 Desember 2022 dari jam 10.00 sampai jam 15.00.

Pada kegiatan Ai Day kali ini diikuti oleh 12 siswa dari Sekolah Alam Bintaro. Mereka akan ditemani oleh tutor dari Universitas Indonesia dan disediakan fasilitas yang lengkap, mulai dari ruangan yang nyaman, berbagai jenis robot, dan akses internet yang mendukung kegiatan Ai Day berlangsung dengan menyenangkan.

Kegiatan ini terbagi menjadi tiga sesi, yaitu make their own robot, mini competition, dan robotic entertainment. pada sesi pertama mereka merakit robot dengan bantuan aplikasi Ukit Edu. Robot tersebut nantinya akan diisi dengan coding sederhana agar bisa bergerak sesuai dengan keinginan.

Setelah robot selesai dirakit dan diisi coding di dalamnya kemudian robot akan ikut mini competition. Masing-masing robot akan diuji dan dilihat siapa pemenangnya melalui lomba yang sederhana.

Kemudian siswa juga akan berinteraksi dengan berbagai robot lainnya seperti Alpha Mini, Cruzr, Alpha 1E, Jimmu, dan lain-lain. Siswa akan diajarkan bagaimana cara menggunakan robot-robot tersebut.

Melalui kegiatan Ai Day ini, anak-anak akan mengenal banyak robot dan dapat berinteraksi langsung dengan mereka. Diharapkan dengan adanya kegiatan Ai Day ini, anak-anak akan semakin termotivasi untuk belajar dan mengembangkan minat mereka di bidang Ai dan robotik.

Ai Day juga bisa menjadi pilihan bagi anak-anak yang suka dengan robot dan teknologi, tetapi tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengikuti kelas reguler yang hanya diadakan seminggu sekali.

Namun bila ingin mendalami ilmu Ai dan robotik, disarankan untuk mengikuti kegiatan belajar reguler di AiCI seminggu sekali yaitu Fun Learning with AI pada hari sabtu atau minggu mulai dari jam 10.00 atau jam 13.00.

Fun Learning with AI berlangsung selama 90-120 menit tiap sesinya. Didukung dengan kurikulum pembelajaran yang lengkap dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa tiap jenjang di sekolah formal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Scroll to Top